Cadangan Devisa Desember Naik, Bank Indonesia Pastikan Kinerja Ekspor PositiF

Peningkatan cadangan devisa pada Desember 2018 terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa migas,

Cadangan Devisa Desember Naik, Bank Indonesia Pastikan Kinerja Ekspor PositiF
NET
Logo Bank Indonesia 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bank Indonesia mencatat posisi cadangan devisa Indonesia akhir Desember 2018 meningkat menjadi 120,7 miliar dolar AS. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan 117,2 miliar dolar AS pada akhir November 2018.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,7 bulan impor atau 6,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Baca: Sidak PT MPS, Ini Yang Dilakukan Bupati Landak Karolin

Baca: Berpeluang Lanjutkan Pelemahan di 2019, Ini 8 Saham Rekomendasi

Bank Indonesia melalui Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Agusman mengatakan cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Peningkatan cadangan devisa pada Desember 2018 terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa migas, penerbitan global bonds dan penarikan pinjaman luar negeri pemerintah.

Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik, serta kinerja ekspor yang tetap positif.

Penulis: Maskartini
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved