Kadin Dorong PLBN di Kalbar Bisa Jadi Pelabuhan Ekspor

"Ini yang sedang kami perjuangkan. Sudah coba dibicarakan dengan kementerian dalam negeri dan pihak-pihak lainnya," sambungnya.

Kadin Dorong PLBN di Kalbar Bisa Jadi Pelabuhan Ekspor
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI
Rusliansyah D Tolove. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kalbar terus didorong agar bisa menjadi pintu ekspor barang-barang komoditas Kalbar.

Jika itu terwujud, ada harapan agar bisa menjadi solusi untuk mengangkat nilai komoditas lokal Kalbar

"Kami sudah menginventarisir. Beberapa yang kami upayakan saat ini adalah bagaimana (PLBN) Entikong resmi menjadi pelabuhan ekspor," ungkap Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kalbar, Rusliansyah D Tolove, Senin (07/01/2018).

Baca: Harga Komoditas Lokal Belum Siuman, Tolove Nilai Perlu Dibangun Basis Industri Pengolahan di Kalbar

Baca: Sutarmidji Minta Proyek Infrastruktur Dikerjakan Sesuai Spesifikasi, Kalau Tidak Ini Akibatnya

Ia mengungkapkan, peran PLBN sebagai pintu ekspor punya posisi yang sangat strategis. Dengan dimanfaatkannya PLBN sebagai pelabuhan darat, memungkinkan beberapa komoditas Kalbar bisa diekspor langsung ke luar negeri.

Alur barang ke luar negeri pelabuhan ekspor yang beberapa waktu lalu digagas dengan sebutan dryport dan Inland port itu, akan menjadi lebih efesien dan mudah. Terutama ke negara Jiran Malaysia ataupun Brunei Darussalam.

"Ini yang sedang kami perjuangkan. Sudah coba dibicarakan dengan kementerian dalam negeri dan pihak-pihak lainnya," sambungnya.

Iapun lantas mengungkapkan bahwa pihaknya akan coba lebih mengintensifkan upaya meng-goalkan upaya itu. Termasuk lewat kerjasama dengan dinas pertanian, terkait produk komoditas apa saja yang sudah oversuplay di Kalbar dan memungkinkan untuk di ekspor melalui PLBN Entikong.

Satu di antaranya seperti beras di Sambas dan Sanggau yang disebutnya sudah oversuplay. Apalagi, dua wilayah ini sama-sama punya PLBN, yang membuat langkah tersebut seharusnya bisa diwujudkan.

"Itu yang sedang kami upayakan. Mudah-mudahan tahun ini (bisa direalisasikan), apalagi pak gubernur (Kalbar) saat ini juga memiliki komitmen yang sama," pungkasnya. 

Penulis: Ishak
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved