Hapus Bagasi Gratis, Lion Air dan Wings Air Batasi Bagasi Kabin

Sebagai upaya memudahkan penumpang, penerbangan Lion Air dan Wings Air menawarkan kapasitas bagasi ekstra dengan membayar diawal.

Hapus Bagasi Gratis, Lion Air dan Wings Air Batasi Bagasi Kabin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Distrik manager Lion Air Group Pontianak, Lukman Nurjaman 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Lion Air dan Wings Air yang merupakan member of lion air group menerapkan kebijakan baru terkait bagasi tercatat dan barang bawaan untuk layanan penerbangan domestik. Lion Air dan Wings Air memberlakukan ketentuan baru tentang bagasi dengan menawarkan setiap pelanggan melalui fasilitas pembelian bagasi ekstra (pre-paid-baggage).

Distrik manager Lion Air Group Pontianak, Lukman Nurjaman mengatakan Lion Air dan Wings Air akan memberlakukan kebijakan baru berupa penyesuaian kapasitas (berat) barang bawaan dan bagasi terdaftar gratis (free bagage allowance). Ketentuan ini kata Lukman efektif 8 Januari 2018 sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Baca: Pelantikan Kepala Seksi Intelijen Kejari Kapuas Hulu, Inilah Sosoknya

Baca: Polisi Bocorkan Domisili Pengusaha Bersama Vanessa Angel

Baca: Resmikan Taman Baca Ngabang, Ini Pesan Karolin

Ketentuan barang bawaan dan bagasi yang baru mengatur seluruh penerbangan domestik Lion Air tidak diperlakukan bagasi cuma-cuma 20 kg per penumpang. Seluruh penerbangan domestik Wings Air juga tidak diberlakukan bagasi cuma-cuma 10 kg per penumpang," ungkap Lukman, Senin (7/1/2019).

Sebagai informasi kata Lukman, penumpang yang sudah membeli tiket sebelum 8 Januari 2018 tetap memperoleh gratis bagasi 20 kg untuk Lion Air dan 10 kg untuk Wings Air. "Setiap calon penumpang kecuali bayi diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi seperti tas laptop perlengkapan bayi, bahan membaca, serta tas jinjing wanita maksimum ukuran dimensi bagasi kabin adalah 40 cmx30cmx20cm," jelasnya.

Penerbangan Lion Air Group juga memberlakukan bahwa beberapa barang yang diikat atau dibungkus jadi satu tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin. "Bagi calon penumpang dalam hal ini penggunaan jasa Lion Air dan Wings Air yang akan membawa bagasi dapat melakukan pembelian voucher bagasi melalui agen perjalanan tour dan travel, website Lion Air dan kantor penjualan tiket Lion Air Group," ujarnya.

Sebagai upaya memudahkan penumpang, penerbangan Lion Air dan Wings Air menawarkan kapasitas bagasi ekstra dengan membayar diawal.

Hal ini sebagai bagian upaya membantu setiap pelanggan dalam meminimalisir biaya tambahan yang relatif tinggi karena kelebihan bagasi. Ia juga menjamin calon penumpang dapat membeli voucher bagasi dengan harga terjangkau dan lebih hemat.

"Lebih murah, membeli bagasi bersamaan pembelian tiket atau sesudah pembelian tiket dengan batas waktu 6 jam sebelum keberangkatan. Berbeda dengan harga yang dikenakan pada saat sudah check in di bandara. Karena lebih dari ketentuan bagasi perorangan yaitu 7 kg akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sesuai tarif yang berlaku pada hari keberangkatan," ungkapnya.

Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan Lion Air Group menghimbau setiap pelanggan dapat mematuhi dan menerapkan aturan dari larangan atau pembatasan tambahan untuk pengangkutan barang tertentu.

"Kita juga menginginkan penumpang mematuhi dan mengetahui pasti mengenai barang-barang yang dilarang untuk dibawa," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved