Audiensi dengan Bawaslu Sintang, GMKI Akan Bentuk Lembaga Pemantau Pemilu

Ketua Komisioner Bawaslu Sintang, Franciskus menyambut dengan baik dan mengapresiasi langkah yang di ambil oleh GMKI Sintang.

Audiensi dengan Bawaslu Sintang, GMKI Akan Bentuk Lembaga Pemantau Pemilu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Badan Pengurus Cabang GMKI Sintang bersama Komisioner Bawaslu Kabupaten Sintang. 

 Citizen Reporter
Kordinator GMKI Wilayah XIV, Kaleb Elevansi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Menindaklanjuti MoU Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dengan Bawaslu Kalbar beberapa waktu lalu, Badan Pengurus Cabang GMKI Sintang lakukan audiensi dengan Komisioner Bawaslu Kabupaten Sintang, Jumat (4/1/2019).

Ketua Cabang GMKI Sintang, Hengki Barnabas menyampaikan bahwa Pemilu 2019 merupakan Pemilu setentak pertama dalam sejarah demokrasi.

Dalam pemilu kali ini, rakyat mencoblos 5 kertas suara sekaligus,  mulai dari Presiden-wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Hengki mengatakan Pemilu serentak tersebut memungkinkan banyak muncul kerawanan dan permasalahan, sehingga peran  pemantauan akan sangat di butuhkan.

"Sebagai bentuk kepedulian GMKI terhadap proses demokrasi di Sintang, kita akan membentuk lembaga pemantau, yang nantinya akan bertugas untuk mengedukasi masyarakat tentang tahapan dan jadwal Pemilu," ujar Hengki.

Selain itu, lanjut Hengki lembaga pemantau ini juga akan memberikan pemahaman tentang hak dan kewajiban masyarakat dalam pemilihan, pengawasan terhadap proses pemilu, sehingga tercapai proses demokrasi yang  berkualitas.

"Ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah di buat GMKI bersama BAWASLU Provinsi, GMKI Juga telah mendapatkan akreditasi dari Bawaslu RI sebagai lembaga pemantau, sehingga kita sah secara peraturan dan perundan-undangan," imbuhnya.

Baca: Angin Kencang Sapu Wilayah Pontianak dan Sekitar, Tonton Videonya

Baca: Hari Ini, Sejumlah Wilayah di Kalbar Diprediksi Hujan Disertai Angin Kencang

Dalam audiensi tersebut, Badan Pengurus Cabang GMKI Sintang di terima langsung oleh Ketua dan semua komisioner Bawaslu Kabupaten Sintang.

Ketua Komisioner Bawaslu Sintang, Franciskus menyambut dengan baik dan mengapresiasi langkah yang di ambil oleh GMKI Sintang.

Franciskus mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik langkah dari GMKI Sintang yang akan membentuk lembaga pemantau Pemilu, ini membantu tugas Bawaslu, dalam rangka melakukan pengawasan terhadap proses pemilu serentak ini.

"Saya sudah meminta kepada GMKI Sintang untuk segera melengkapi struktur lembaga pemantau nya, dan kita akan buatkan acara penandatanganan MoU secara seremonial nanti," tutup Franciskus.

Penulis: David Nurfianto (DAP)
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved