Libur Natal dan Tahun Baru, XL Axiata Prediksi Trafik Layanan Data Naik 20%

Merujuk pada tren tahun sebelumnya, maka trafik layanan khususnya layanan data diperkirakan akan mengalami kenaikan pada malam tahun baru

Libur Natal dan Tahun Baru, XL Axiata Prediksi Trafik Layanan Data Naik 20%
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
XL Axiata 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - PT XL AXiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2018, termasuk saat perayaan Natal dan pergantian tahun.  Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya menjelaskan teknologi pengaturan jaringan yang diterapkan oleh XL Axiata antara lain mampu mengalihkan trafik penggunaan ke jalur yang lebih longgar.

“Selain itu, dari pusat monitoring jaringan, XL Axiata juga bisa mendeteksi lokasi-lokasi yang mengalami kenaikan trafik. Dengan demikian, maka antisipasi penyediaan jaringan yang memadai akan bisa dilakukan sejak dini,” ungkapnya.

Merujuk pada tren tahun sebelumnya, maka trafik layanan khususnya layanan data diperkirakan akan mengalami kenaikan pada malam tahun baru dan pada periode liburan panjang.

Baca: XL Axiata Tambah Kapasitas Jaringan Jelang Moment Natal dan Tahun Baru

Baca: Sutarmidji Berpesan Pada Edi-Bahasan: Jangan Kompromi Dengan Kontraktor Tak Becus

Adapun area-area yang diperkirakan akan mengalami kenaikan trafik adalah area-area wisata dan pusat keramaian di beberapa kota besar, diantaranta di Carita, Bandung, Medan dan sekitaran Berastagi, Denpasar, Surabaya, Banjarmasin serta Makasar.

Secara keseluruhan untuk periode Natal dan Tahun Baru kali ini, untuk trafik layanan percakapan diperkirakan akan relatif stabil/stagnan, kemudian layanan SMS meningkat sekitar 4% dan khusus untuk layanan data diperkirakan meningkat sekitar 15-20%.

Pada periode liburan panjang Natal dan berlanjut Tahun Baru 2018 yang lalu, pelanggan XL Axiata banyak mengisi liburanya dengan mengakses layanan data melalui beragam sosial media.

Facebook, Twitter, Instagram, LINE, dan Youtube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital. Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform tersebut naik sebesar 15%, di mana di puncak malam tahun baru kenaikannya mencapai sekitar 60%. Akses ke aplikasi Whatsapp menjadi yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70%.

Saat ini XL Axiata juga terus melakukan perluasan infrastruktur jaringan layanan data, sejalan dengan fokus perusahaan untuk terus mendorong perkembangan dan pertumbuhan penggunaan layanan data di masyarakat.

Saat ini jumlah pelanggan XL Axiata mencapai sekitar 53,9 juta pelanggan, dengan jumlah pelanggan data mencapai sekitar 80% dari total pelanggan, yang didukung dengan infrastruktur jaringan sebanyak lebih dari 116 ribu BTS termasuk lebih dari 78 ribu BTS data (3G & 4G) di berbagai wilayah di Indonesia serta jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km. 

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved