Ratusan Badan Usaha Hadiri Sosialisasi Pendaftaran Program JKN-KIS Melalui Online Single Submission

Sebagai Informasi sampai dengan saat ini jumlah Badan Usaha se-Kalbar yang telah mendaftar ke Program Jaminan Kesehatan Nasional adalah 3.946 BU.

Ratusan Badan Usaha Hadiri Sosialisasi Pendaftaran Program JKN-KIS Melalui Online Single Submission
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Ratusan Badan Usaha se-Kalimantan Barat tampak menghadiri kegiatan Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung di Pontianak, Selasa (11/12/2018). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK  – Ratusan Badan Usaha se-Kalimantan Barat tampak menghadiri kegiatan Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung di Pontianak, Selasa (11/12/2018).

Dalam sosialisasi ini Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Gerry Adhikusuma  memaparkan terkait regulasi terbaru tentang Jaminan Kesehatan Nasional serta Mekanisme Integrasi Pendaftaran Program JKN-KIS melalui Online Single Submission (OSS) kepada pimpinan ataupun perwakilan Badan Usaha yang hadir.

Baca: BPJS Kesehatan TOP 10 Lembaga Terbaik dalam Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik

Baca: BPJS Klaim JKN-KIS Ada Peningkatan Positif, Bahkan Kini Punya Sistem Rujukan Online

“Online Single Submission merupakan integrasi dalam membuat perijinan berusaha di Indonesia yang diterbitkan oleh Lembaga OSS atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota kepada Pelaku Usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi. Sistem ini dibuat dalam rangka percepatan dan peningkatan penanaman modal dan berusaha dengan cara menerapkan perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik termasuk pendaftaran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan,” tutur Gerry.

Melalui pengurusan perizinan terintegrasi dengan pendaftaran program Jaminan Sosial menurut Gerry memudahkan Badan Usaha sehingga tidak perlu repot lagi datang ke Kantor Cabang.

Usaha bisa mempersingkat birokrasi, jika sebelumnya harus mendatangi Kantor Perizinan kemudian ke Kantor BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, kini semua sudah terintegrasi dalan satu sistem dan cukup mengakses link www.oss.go.id.

Gerry juga berharap semua orang terutama Badan Usaha dapat menggunakan dan memanfaatkan sistem OSS ini dengan baik, banyak kemudahan yang bisa didapatkan untuk kelancaran dalam menjalankan usaha.

“Jangan lupa saat menggunakan sistem ini pastikan email yang dicantumkan sudah benar, Badan Usaha telah mendaftarkan karyawannya Up To 100 %, serta lakukan pembayaran iuran program Jaminan Kesehatan Nasional sesuai dengan billing statement (tagihan) yang dikeluarkan BPJS Kesehatan.” Ucapnya.

Sebagai Informasi sampai dengan saat ini jumlah Badan Usaha se-Kalimantan Barat yang telah mendaftar ke Program Jaminan Kesehatan Nasional adalah 3.946 BU.

Sedangkan jumlah peserta JKN se-Kalimantan Barat adalah 3.276.610 jiwa dari total populasi penduduk sebanyak 5.406.553 jiwa atau sekitar 60,60 % dari jumlah penduduk. Melalui OSS diharapkan juga dapat mempercepat jumlah cakupan kepesertaan program JKN sehingga Kalimantan Barat dapat mencapai Universal Health Coverage (UHC).(*)

Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved