Anak Punya Penghasilan, Jumlah Pajak Terutang Digabung Penghasilan Orangtua

Terima kasih sudah bertanya, dalam UU PPh penghasilan dari anak yang belum dewasa (dibawah 18 tahun) akan digabungkan dengan penghasilan orang tuanya

Anak Punya Penghasilan, Jumlah Pajak Terutang Digabung Penghasilan Orangtua
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA
Seorang Wajib Pajak melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh), di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, Pontianak, Kalbar, Jl KH Ahmad Dahlan, Kamis (24/3/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Apakah remaja, jika belum 17 tahun tapi sudah punya penghasilan juga tetap kena wajib pajak? Terima kasih sebelumnya.
081$8828xxxx

Terima kasih sudah bertanya, dalam UU PPh penghasilan dari anak yang belum dewasa (dibawah 18 tahun) akan digabungkan dengan penghasilan orang tuanya untuk menghitung jumlah pajak terutangnya.

Dengan demikian, kewajiban untuk memiliki NPWP dilimpahkan kepada ayah sebagai kepala keluarga, kecuali apabila anak tersebut memiliki ayah yang berstatus WPLN (Wajib Pajak Luar Negeri), maka kewajiban perpajakannya dilimpahkan kepada ibunya.

Dalam kasus seperti ini, ibunya dianggap sebagai kepala keluarga menurut peraturan perundang-undangan perpajakan Indonesia.

Baca: Setia Temani Shah Rukh Khan, Pooja Dadlani Manajer Cantik King Khan Cantik Juga, Ini Foto-fotonya!

Namun, bagi seorang anak yang sudah memiliki penghasilan di atas PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) memiliki kewajiban untuk mendaftarkan dirinya sebagai Wajib Pajak (WP) dengan memiliki NPWP.

Apabila yang bersangkutan berusia 18 tahun atau belum berusia 18 tahun tetapi sudah menikah.

Kecuali untuk anak perempuan (sudah menikah), yang hak dan kewajiban perpajakannya termasuk NPWP ditanggung oleh suami, terkecuali suaminya berstatus Wajib Pajak Luar Negeri (WPLN).

Inggrid
Pelayanan Kantor Pajak Wilayah Mempawah

Penulis: Bella
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved