Malaysia Kembali Pulangkan 150 TKI, 44 Orang Asal Kalbar

150 TKI ini diberangkatkan dari PLBN Entikong memggunakan 4 Bis dan 2 Mobil Travel, beramgkat dari pukul 15.30 dan sampai di Dinas Sosial

Malaysia Kembali Pulangkan 150 TKI, 44 Orang Asal Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ DAVID NURFIANTO
TKI saat menjalani pendataan oleh BP3TKI di Kantor Dinas Sosial Kalimantan Barat, Jalan Sutan Syahrir Abdurahman, Jumat (7/12/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak David Nurfianto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Diraja Malaysia kembali memulangkan 150 TKI bermasalah asal indonesia.

Dari 150 TKI tersebut 44 orang asal Kalbar sedangkan 106 orang lainya berasal dari luar Kalbar dan paling banyak berasal dari sulawesi selatan.

Baca: Pulang dari Indonesian Idol Junior Usai Kalah Voting, Gogo Ungkap Cita-cita di Masa Depan

Baca: Jokowi Sebut Bela Negara Tak Cukup Hanya Kumpulkan Massa, Tapi Kerja Nyata

150 TKI ini diberangkatkan dari PLBN Entikong memggunakan 4 Bis dan 2 Mobil Travel, beramgkat dari pukul 15.30 dan sampai di Dinas Sosial (Dinsos) Kalimantan Barat pukul 21.06, Jumat (7/12/2018).

Dari pantauan Tribun, mereka langsung menjalani pendataan saat tiba di Dinsos, pendataan langsung dilakukan oleh pihak Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Pontianak

Kepala seksi perlindungan dan pemberdayaan BP3TKI pontianak, Andi Kusuma Irfandi mengatakan 150 TKI ini dipulanglan dari imigrasi Bekenu Malaysia.

"Dari total 150 TKI ini, Laki-laki ada 133 orang dan Perempuan ada 17 orang, berdasarkan asal daerah Kalbar 44 orang, Jatim 29 orang, Jateng 1 orang, Sulsel 52 orang, NTT 4 orang, NTB 6 orang, Sulbar 6 orang, Jabar 3 orang, Banten 4 orang dan Sumsel 1 orang, mereka ini berasal dari bekenu dan rata-rata sudah pernah ditahan," ujar Andi.

Andi menjelaskan untuk di bekenu sudah tidak ada lagi WNI yang ditahan, namun jika di semunja mungkin masih ada jadi seminggu kedepan akan ada satu kali kepulangan lagi menjelang akhir tahun.

"Permasalahan dari sejumlah TKI ini adalah tidak lengkapnya administrasi yang mereka gunakan untuk bekerja di malaysia. Mirisnya hampir seluruh TKI ini sempat ditahan oleh imigrasi malaysia," Imbuhnya.

Andi menuturkan untuk WNI yang ditahan ini variatif dari waktu penahanan, ada yang mingguan bahkan ada yang bulanan. Tergantung kesalahan yang mereka lakukan.

"Tindak lanjutnya nanti, pihak BP3TKI sudah menyerahkan mereka kepada Dinsos, kemungkinan akan dipulangkan kekampung halaman masing-masing," tutupnya.

Penulis: David Nurfianto (DAP)
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved