Singkawang Raih Peringkat Pertama Kota Tertoleran se-Indonesia

Kota Singkawang meraih penghargaan peringkat pertama sebagai kota tertoleran di Indonesia dari Setara Institute .

Singkawang Raih Peringkat Pertama Kota Tertoleran se-Indonesia
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kota Singkawang meraih penghargaan peringkat pertama sebagai kota tertoleran di Indonesia dari Setara Institute. Penghargaan diberikan langsung Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo kepada Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan di Jakarta, Jumat (7/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Kota Singkawang meraih penghargaan peringkat pertama sebagai kota tertoleran di Indonesia dari Setara Institute .

Penghargaan diberikan langsung Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo kepada Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan di Jakarta, Jumat (7/12/2018).

"Saya secara pribadi sangat bersyukur bahwa kita lahir hidup besar dengan segala keragaman dengan kekayaan sosial kultural kita dan dengan limpahan sumberdaya alam yang tidak negara lain punyai," kata Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan.

Singkawang sangat unik dan plural sekali. Tidak ada yang dominan di sana. Pemikiran ini yang selalu ditanamkan kepada masyarakat.

Jangan menjadi individu yang merasa dominan, sehingga bisa saling menghargai. "Kami akan mencoba mempertahankan ini dengan program-program," tuturnya.

Baca: Koramil Ngabang Tampung Korban Banjir di Ngabang

Baca: Amirullah Bocorkan Alasan Pontianak Tak Dapat Adipura

Irwan menilai bahwa pemerintah dan masyarakat sipil harus mampu memelihara serta mewujudkan kualitas toleransi dalam rangka mewujudkan kehidupan yang harmonis dalam keberagaman.

Dalam hal ini negara harus hadir dan jangan tanggung tanggung. Hal ini karena keutuhan keharmonisan dan toleran ini bukan hanya 10 kota atau 98 kota, tetapi seluruh negeri ini butuh kehidupan damai tenteram harmonis dan bisa saling menghargai dalam keberagaman satu sama lain.

"Sehingga Pancasila, NKRI, keberagaman dan Bhinneka Tunggal Ika tetap terpelihara di bumi Indonesia ini," ujar Irwan.

Berikut penghargaan 10 besar kota tertoleran se-Indonesia dari Setara Institute

1. Kota Singkawang
2.Salatiga
3. Pematang Siantar
4. Manado
5. Ambon
6. Bekasi
7. Kupang
8. Tomohon
9. Binjai
10. Surabaya.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved