Dari 49 TKI Yang Dideportasi Dari Malaysia, 29 Diantaranya Warga Kalimantan Barat

Sebanyak 49 pekerja imigran Indonesia tanpa dokumen resmi dideportasi oleh pihak Imigrasi Malaysia

Dari 49 TKI Yang Dideportasi Dari Malaysia, 29 Diantaranya Warga Kalimantan Barat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DAVID NURFIANTO
TKI saat menjalani pendataan oleh BP3TKI di Kantor Dinas Sosial Kalimantan Barat, Jalan Sutan Syahrir Abdurahman, Kamis (6/12/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak David Nurfianto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebanyak 49 pekerja imigran Indonesia tanpa dokumen resmi dideportasi oleh pihak Imigrasi Malaysia, 29 diantaranya merupakan warga Kalimantan Barat.

49 orang ini tiba di Kantor Dinas Sosial Kalimantan Barat, Jalan Sutan Syahrir Abdurahman, Kamis (6/12/2.18) sekira 21.45 WIB.

Dari pantauan Tribun, mereka langsung menjalani pendataan saat tiba di Dinsos, pendataan langsung dilakukan oleh pihak Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Pontianak.

Baca: Tak Punya Surat Izin Kerja, 49 TKI Dari Malaysia Dideportasi dan Akan Dipulangkan Oleh Dinas Sosial

Pengantar Kerja BP3TKI Pontianak, Eva Agustina mengatakan dari 49 yang dipulangkan, 29 diantaranya adalah warga Kalimantan Barat, sedangkan 20 lainnya warga Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung, NTT, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, NTB, dan Jawa Tengah.

"Kebanyakan di deportasi karena mereka tidak mempunyai surat izin kerja, masih banyak juga diantara mereka yang belum memiliki paspor, walaupun sudah lama tinggal di luar negeri," imbuhnya.

Namun, Eva menuturkan beberapa juga ada yang memiliki, akan tetapi sudah habis masa berlakunya dan tidak diperpanjang.

"Tindak lanjutnya nanti, pihak BP3TKI sudah menyerahkan mereka kepada Dinsos, kemungkinan akan dipulangkan kekampung halaman masing-masing," tutupnya.

Penulis: David Nurfianto (DAP)
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved