Amirullah Bocorkan Alasan Pontianak Tak Dapat Adipura

Kota Pontianak memang terus berbenah untuk mendapatkan predikat penghargaan sebagai kota bersih dengan pemberian penghargaan Adipura.

Amirullah Bocorkan Alasan Pontianak Tak Dapat Adipura
Net
Ilustrasi piala anugerah Adipura. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kota Pontianak memang terus berbenah untuk mendapatkan predikat penghargaan sebagai kota bersih dengan pemberian penghargaan Adipura.

Menurut Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Kota Pontianak, Amirullah sebetulnya Pontianak sudah layak mendapatkan Adipura, namun ada kendala pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang masih menjadi penghalang.

Hal ini disampaikannya saat menyerhakan bantuan kendaraan sampah pada masyarakat Kota Pontianak di Halaman Dinas Lingkungan Hidup, Jumat (7/12/2018) pagi.

Baca: Meski Sudah Ditetapkan Sebanyak 423.545 DPT, KPU Kubu Raya Nyatakan Belum Final

"Memang Kota Pontianak ini sudah layak Adipura, namun permasalahan kita ada di TPA," ucap Amirullah saat diwawancarai media.

Oleh karena itu, saat ini Pemkot melalui berbagai program dan sinergi antar dinas membaut berbagai program agar dapat meraih penghargaan Adipura yang telah lama diimpikan.

Persoalan TPA memang selama ini masih menjadi penghalang, karena lokasinya dilahan gambut.

"Jadi untuk TPA memang cukup pelik, mulai dari hambatan konstruksi karena dilahan gambut menjadi permasalahan sendiri. Kalau saat hujan dia banjir, sehingga air lindinya keluar dan musim kering dia kebakaran, itu menjadi persoalan saat ini," ucap Amirullah.

Dalam pengelolaan sampah sejauh ini, Pemkot Pontianak disebutnya membuat sampah menjadi produktif dan beberapa kali sudah melakukan kerjasama dengan pihak luar. Namun belum ada kesesuaian kenyataan dilapangan.

"Contoh kalau mereka ingin membuat sampah sebagai sumber energi ternyata jumlah sampah belum mencukupi dan besarnya investasi kalau dilakukan," tambahnya.

Dalam pengelolaan sampah sekarang ini, Pemkot melalui swadaya masyarakat, bukan lagi kumpul angkut buang, tapi menekankan pada pemilahan sejak awal pengumpulan.

Lebih lanjut, Pemkot akan membuat aturan khusus pemilahan sampah, Amirullah mencontohkan seperti dinagara maju, masyarakat sudah berpartisipasi memilah sampah, kertas, plastik, beling dan sampah lainnya.

"TPA adalah salah satu hambatan Pontianak mendapat Adipura, kita akan membuat sanitari landfill,"

Penulis: David Nurfianto (DAP)
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved