Pele Sebut Kemampuan Lionel Messi Biasa Saja, Ini Alasannya

Legenda sepak bola, Pele, menyebut bahwa kemampuan Lionel Messi tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan dirinya.

Pele Sebut Kemampuan Lionel Messi Biasa Saja, Ini Alasannya
FADEL SENNA/AFP
Megabintang FC Barcelona, Lionel Messi (tengah), mengangkat trofi Piala Super Spanyol seusai mengalahkan Sevilla di Grande Stade de Tanger, Tangiers, Maroko pada 12 Agustus 2018. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Legenda sepak bola, Pele, menyebut bahwa kemampuan Lionel Messi tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan dirinya.

Pele nampaknya tidak setuju dengan sikap para insan sepak bola yang menganggap Lionel Messi adalah alien untuk menggambarkan kemampuannya yang di atas rata-rata.

Menurut pemain yang di masa emasnya juga dinilai melebihi batas manusia, Messi bukan pesepak bola yang komplet tetapi pemain yang hanya mengandalkan kaki kirinya.

Baca: Jadwal Final Piala AFF 2018 Malaysia Vs Vietnam, Prediksi dan Head to Head

Baca: Jadwal Piala Indonesia Desember 2018 - Klub Liga 1 Diuji Tim-tim Kasta Terendah

"Bagaimana Anda bisa membandingkan seseorang yang bisa menyundul dengan baik, bisa menendang dengan kaki kiri maupun kanan dengan seseorang yang hanya menendang dengan satu kaki, hanya punya satu keahlian dan tidak cakap dalam menyundul bola," kata Pele kepada Folha de Sao Paulo.

"Bagaimana Anda bisa membandingkannya? Membandingkannya dengan Pele, itu harus seseorang yang bisa menendang dengan baik menggunakan kaki kiri maupun kanan, dan mencetak gol dengan sundulan," imbuhnya.

Pele " />
Pele (http://www.fifa.com)

Jika ditilik dari catatan statistik, Lionel Messi memang lebih sering mengandalkan kaki kirinya ketimbang kaki kanannya saat mencetak gol.

Menurut data Whoscored, musim ini Messi menciptakan 16 gol di semua kompetisi dengan rincian 13 gol dari kaki kiri dan 3 gol dari kaki kanan.

Messi belum pernah mencetak gol menggunakan kepalanya musim ini, tetapi bukan berarti bahwa pemain setinggi 170 sentimeter itu sama sekali tidak pernah melakukannya.

Salah satu yang paling mudah diingat adalah gol sundulannya ke gawang Manchester United pada partai final Liga Champions 2008-2009.

Namun demikian, kontribusi kaki kiri Messi yang jomplang itu membuat Pele yang tubuhnya 6 cm lebih tinggi menjadi tidak terkesan.

Selain menilai bahwa dia punya skill yang lebih superior, Pelejuga menganggap kalau Messi juga tidak lebih bagus daripada Diego Maradona.

Pun saat pemain berjulukan La Pulga disandingkan dengan pemain ikonik seperti mantan "Sang Kaisar" timnas Jerman, Franz Beckenbauer, atau pelopor Tiki Taka, Johan Cruyff.

"Sejauh yang saya yakini, Maradona adalah salah satu pemain terbaik sepanjang masa. Jika Anda bertanya, 'apa dia lebih bagus daripada Messi?' Ya, dia jauh lebih bagus," ucap Pele.

"Beckenbauer, Cruyff juga pesepak bola yang luar biasa," sambung mantan striker yang sudah mencetak gol di final Piala Dunia saat belum genap berusia 18 tahun.

Editor: Rizky Zulham
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved