Pangdam XII Tanjungpura Resmikan Yonif 645/GTY

Pangdam XII Tanjungpura Mayjend TNI Achmad Supriyadi dari pagi hingga siang melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Sambas.

Pangdam XII Tanjungpura Resmikan Yonif 645/GTY
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Pangdam XII Tanjungpura Mayjend TNI Achmad Supriyadi dan Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili saat meresmikan Batalyon 645 Gardatamayuda. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Pangdam XII Tanjungpura Mayjend TNI Achmad Supriyadi dari pagi hingga siang melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Sambas.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam juga melaksanakan upacara penataan satuan jajaran Kodam XII/TPR dan peresmian yonif 645/GTY (Gardatamayudha).

Pangdam XII Tanjungpura Mayjend TNI Achmad Supriyadi mengatakan,  dengan dibentuknya Batalyon Infanteri atau Yonif 645 Gardatamayudha.

Ia berharap, TNI semakin mampu menghadapi ancaman dan tantangan masa depan terutama di daerah perbatasan.

Baca: LPG Subsidi Sulit Didapatkan, Pihak Pertamina Malah Klaim Ada Penambahan Penyaluran

"Dengan begitu diharapkan mampu mengatasi berbagai persoalan, pembangunan kekuatan pokok untuk mewujudkan kemantapan dan kesiapsiagaan operasional, serta diharapkan menghasilkan satuan-satuan yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung tugas pokok Kodam XII Tanjungpura," ujarnya, Kamis (6/12/2018).

Lebih lanjut ia menyampaikan, Batalyon Infanteri 645 adalah sebagai implementasi perencanaan strategis dalam pembangunan kemampuan. Terutama guna menghadapi berbagai kemungkinan ancaman dan kontinjensi yang dapat terjadi di wilayah perbatasan.

"TNI membentuk batalyon Infanteri 645 Gardatamayudha yang berkedudukan di Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat, yang artinya sebagai pasukan pelindung atau penjaga terdepan dalam pertempuran atau peperangan," tegasnya.

Ia mengatakan, hal itu dilakukan untuk kepentingan menjaga wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Terutama dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI dengan semboyan garda terdepan dan benteng terakhir NKRI," tegasnya.

Untuk diketahui, Batalyon Infanteri 645 Gardatamayudha merupakan satuan tempur yang merupakan pengembangan kekuatan TNI.

Batalyon ini merupakan satuan tempur Tanjungpura di bawah komando Brigade Infanteri 19 Khatulistiwa. Oleh karena itu peresmian Batalyon Infanteri 645 Gardatamayudha, merupakan perkembangan kekuatan dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI.

Khususnya di wilayah Kabupaten Sambas yang di ketahui berbatasan langsung dengan Malaysia. (One)

Penulis: Wahidin
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved