PABDESI Sintang Pastikan Belum Ada Kades yang Terlibat Politik Praktis 

Dia pun mengatakan bahwa jika ada kepala desa yang berpolitik praktis dan bisa dibuktikan, tentu silakan ditindak sesuai dengan aturan

PABDESI Sintang Pastikan Belum Ada Kades yang Terlibat Politik Praktis 
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sintang, Bertolomius Rupiyanto 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG- Ketua Persatuan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Sintang, Bertolomius Rupiyanto mengapresiasi apa yang dilakukan Bawaslu Sintang dalam memantau kepala desa agar tidak berpolitik praktis. 

Menurutnya Kepala Desa Jerora 1 ini, memang secara aturan tidak diperkenankan rekan-rekan kepala desa menggunakan atribut dan fasilitas sebagai kepala desa untuk terang-terangan mendukung para peserta pemilu. 

Baca: DPMPD Sintang Sanksi Tegas Kades dan Jajaran yang Terlibat Politik

Baca: Sebanyak 434 Peserta Seleksi CPNS di Sintang Maju ke Tahap SKB

"Kecara pribadi, kades juga harus memiliki sikap politik. Hanya mungkin saya menyarankan tidak usah terlalu terlibat politik praktis ini secara langsung. Karena kepala desa ini kan melekat jabatannya," ujarnya, Kamis (6/12/2018) pagi. 

Dia pun mengatakan bahwa jika ada kepala desa yang berpolitik praktis dan bisa dibuktikan, tentu silakan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun sanksi yang lebih berat menurut dia harus diberikan kepada peserta pemilu. 

"Apabila Caleg melibatkan tim suksesnya adalah kepala desa, tentu jangan hanya kepala desanya saja yang diberikan sanksi tetapi juga calegnya juga harus diberikan sanksi. Bahkan partainya juga harus diberikan sanksi," katanya. 

Bila perlu di daerah pemilihan tersebut, partai yang bersangkutan tidak berhak mendapatkan perwakilan, "Jadi kita fair dong, karena belum tentu kepala desanya yang salah tetapi caleg atau partainya juga bisa jadi," tambahnya. 

Namun dirinya menambahkan bahwa sampai hari ini, belum ada kades di Sintang yang terang-terangan melakukan politik praktis, semuanya masih bisa dikontrol. Namun jika ada yang terbukti mengantongi SK partai politik, menurutnya perlu ditindak tegas. 

"Sampai hari ini saya belum melihat yang terlalu tidak mampu kita kontrol. Tapi kalau yang memang mengarah untuk sikap politik saya rasa teman-teman kepala desa semuanya punya sikap politik lah," tambah Bertolomius.

Penulis: Wahidin
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved