Lembaga Pemantau Dinilai Membantu Bawaslu

Diterangkannya, lembaga pemantau pemilu nantinya akan berkoordinasi dengan Bawaslu, terkait proses dan tahapan pemilu yang tengah berjalan.

Lembaga Pemantau Dinilai Membantu Bawaslu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kalbar, Faisal Riza . 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kalbar Faisal Riza, menyambut baik adanya lembaga pemantau pada Pemilu 2019.

Diterangkannya, lembaga pemantau pemilu nantinya akan berkoordinasi dengan Bawaslu, terkait proses dan tahapan pemilu yang tengah berjalan.

Baca: Romadhon: Kades Terlibat Politik Praktis Bisa Dikenakan Pidana Pemilu 

Baca: Kades Terpilih Ikut Nyaleg, Ini Imbauan Bawaslu Kalbar

"Lembaga pemantau ini akan membantu tugas pengawasan yang dilakukan Bawaslu. Kita akan kerjasama untuk menjamin pemilu berjalan sesuai aturan," ujarnya Rabu (5/12/2018)

Faisal mengatakan jika lembaga pemilu yang sudah terakreditasi di Bawaslu RI ada 17. Namun sampai saat ini baru ada tiga lembaga pemantau yang sudah berkomunikasi dengan Bawaslu Kalbar.

"Ya lembaga pemantau wajib berkoordinasi dengan Bawaslu. Nantinya kita akan membahas terkait lokasi dan nama anggota yang akan dilibatkan dalam proses pemantauan mereka," lanjutnya.

Bawaslu sendiri kata Faisal, dalam tugas pengawasan memiliki SDM yang terbatas. Sehingga kehadiran lembaga pemantau pemilu diharapkan daat membantu jajaran Bawaslu.

"Lembaga pemantau ini akan menurunkan anggotanya. Tentu kita akan merasa terbantu, sehingga pengawasan yang dikakukan bisa berjalan dengan efektif," tutupnya. 

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved