Atbah : Batalion 645 Gardatamayuda Akan Berikan Banyak Manfaat Untuk Sambas

Dengan demikian tutur Atbah, pembangunan Kabupaten Sambas kedepan tidak lagi hanya memandang aspek lokal.

Atbah : Batalion 645 Gardatamayuda Akan Berikan Banyak Manfaat Untuk Sambas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ M WAWAN GUNAWAN
Pangdam XII Tanjungpura Mayjend TNI Achmad Supriyadi dan Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili saat meresmikan Batalyon 645 Gardatamayuda. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS,- Bupati Sambas Atbah Ronin Suhaili mengatakan dengan hadirnya Batalyon 645 Gardatamayuda di Kabupaten Sambas, maka akan memberikan banyak manfaat bagi Kabupaten Sambas.

"Manfaat yang paling jelas adalah kehadiran Batalyon 645 ini akan memastikan Kabupaten sambas adalah wilayah yang sangat strategis dari sisi pertahanan dan keamanan negara," ujarnya, Kamis (6/12/2018).

Baca: Amirudin : Pemerintah Pusat Beri Perhatikan Ke Sambas

Baca: Pangdam XII Tanjungpura Kunjungan ke-Sambas

Dengan demikian tutur Atbah, pembangunan Kabupaten Sambas kedepan tidak lagi hanya memandang aspek lokal.

Akan tetapi juga memahami aspek internasional, karena mengingat Sambas berada di wilayah perbatasan.

"Kedua kita semakin memahami bahwa perspektif pembangunan di Kabupaten Sambas, bukan hanya pembangunan dengan skala lokal nasional namun juga aspek internasional, dimana kita sebagai wilayah perbatasan adalah garda terdepan RI," paparnya.

Kehadiran Pangdam XII Tanjungpura di Kabupaten Sambas kata Atbah tidak hanya memberi dampak kepada rasa aman, namun juga akan memunculkan multiplyer effect kepada bidang-bidang lainnya.

"Ini memberikan makna yang jelas, bahwa sambas dijaga TNI dalam konteks wilayah perbatasan dan garda depan NKRI. Jadi hal yang tidak diinginkan seperti gangguan keamanan dan pertahanan, menjadi bagian dari yang telah dipersiapkan TNI untuk mengantisipasinya," katanya.

Selain itu kehadiran pasukan dengan jumlah yang banyak menurut Atbah juga akan berdampak pada aman nyaman dan tenteramnya Sambas.

Serta akan memberikan efek pada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan perputaran uang di Sambas.

Atbah juga menuturkan Kabupaten Sambas bertekad untuk menjalin komunikasi dan bekerjasama dengan baik bersama TNI.

"Saya yakin bahwa TNI sangat memahami apa yang menjadi tugas mereka dalam konteks perbatasan, akan tetapi ada hal dalam konteks kearifan lokal kita akan terus bermitra," jelasnya.

"Ada hal yang tentu dalam konteks intelijen dan menurut mereka itu sudah terekam dengan baik, tapi mungkin memang banyak hal yang perlu dikomunikasikan," tegasnya.

Untuk itu, Atbah berharap agar kerjasama dan koordinasi bersama TNI akan selalu baik. Sehingga ketahanan dan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia akan semakin kuat.

"Yang terpenting bagi saya adalah komunikasi dan kerjasama ini berjalan dengan baik, dan saya siap untuk bekerjasama. Karena mereka adalah bagian dari rakyat yang manunggal dengan rakyat, dan bertugas di perbatasan mempertahankan NKRI," tutupnya. 

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved