Citizen Reporter

BPAN Kalbar Turut Hadiri Acara Temenggung International Conference di Kabupaten Sintang

Melalui Konferensi ini juga diharapkan dapat dibentuk satu organisasi temenggung bertaraf internasional atau bertaraf Kalimantan dan Borneo.

BPAN Kalbar Turut Hadiri Acara Temenggung International Conference di Kabupaten Sintang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
F. Xaverius Govin & Yupenalis Ayub saat berada di rumah dinas Wakil Bupati Kabupaten Sintang. 

Citizen Reporter

Indra

Sekum BPAN Kalbar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Satu diantara pengurus Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Kalimantan Barat, Franciskus Xaverius Govin menghadiri undangan "Temenggung International Conference" yang di selenggarakan di Kabupaten Sintang pada 28 hingga 30 November 2018.

"Saya merupakan salah satu dari sekian banyak Pemuda atau calon generasi penerus, dan merasa kita sebagai pemuda wajib tau dan mendalami cerita sejarah Adat Isitiadat, Budaya kita, seperti "Temenggung" ini. Mungkin banyak anak muda saat ini yang tidak mengetahui apa itu Temenggung, apa fungsi Temenggung." ujarnya.

Baca: Sintang Menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan Konferensi Tumenggung Internasional

Baca: Konferensi Tumenggung Internasional untuk Memperkuat Peran Ketumenggungan Adat Dayak

Konferensi Temenggung ini, diselenggarakan sebagai satu dari sekian banyak upaya untuk mengangkat ke permukaan keberadaan temenggung kepada khalayak ramai, terutama kepada masyarakat adat Dayak.

Melalui Konferensi ini, keberadaan temenggung diharapkan semakin dikenal, diketahui, dihormati dan dihargai.

Selain itu, melalui Konferensi ini juga diharapkan dapat dibentuk satu organisasi temenggung bertaraf internasional atau bertaraf Kalimantan dan Borneo.

Organisasi ini, kelak bisa menjadi wadah untuk berkomunikasi di antara sesama temenggung untuk memperkaya dan mempertajam strategi dan pemurnian penengakkan hukum adat Dayak.

Keberadaan organisasi yang akan dibentuk melalui Konferensi ini, diharapkan dapat berjalan beriringan dengan organisasi atau lembaga Dayak yang lain, sebagai mitra yang saling melengkapi, bukan sebagai pesaing.

Halaman
12
Penulis: Bella
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved