Pileg 2019

Pencermatan Perbaikan DPTHP2, KPU Pontianak Tunggu Data Pengklasifikasian ODGJ oleh RSJ

Jika ada Orang dengan Ganngguan Jiwa (ODGJ) berat yang masuk dalam DPT akan dibersihkan

Pencermatan Perbaikan DPTHP2, KPU Pontianak Tunggu Data Pengklasifikasian ODGJ oleh RSJ
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / HAMDAN DARSANI
Komisioner KPU Kota Pontianak, Deni Nuliadi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - KPU Kota Pontianak masih menunggu data dari Rumah Sakit Jiwa Sungai Bangkong terkait kualifikasi ODGJ ringan atau yang sudah dalam tahap penyembuhan untuk dimasukan kedalam DPT.

Data tersebut penting untuk di inventarisir guna memastikan berapa jumlah pasti ODGJ yang dinilai dokter atau psikiater dengan kondisi pasien yang memungkinkan dan layak memberikan hak pilihnya pada pemilu 2019 mendatang.

"Kemarin kita bersama Bawaslu mengunjungi rumah sakit jiwa sungai bangkong. Sekarang kami masih menunggu surat dari RSJ untuk memilah pasien dengan gangguan jiwa ringan dan berat," kata Komisioner KPU Kota Pontianak Deni Nuliadi di Pontianak, Jumat (30/11/2018)

Baca: Diduga Jual Sabu dan Ekstasi, Seorang Pria Diciduk Polisi

Ia mengatakan dengan data tersebut akan menjadi dasar bagi KPU untuk melakukan pencermatan apakah terdapat pemilih di RSJ yang dimungkinkan masuk dalam DPT.

"Jika ada Orang dengan Ganngguan Jiwa (ODGJ) berat yang masuk dalam DPT akan dibersihkan. Sebab yang bisa menggunakan hak pilihnya adalah mereka yang mengalami gangguan ringan dan mendapatkan surat keterangan atau rekomendasi dari pihak rumah sakit," ujarnya.

Deni memahami saat ini pihak RSJ masih melakukan pemilahan terkait dengan kategori ODGJ dengan memeriksa seluruh rekam medik pasien dan sudah tentu membutuhkan sedikit waktu.

"Kami memahami RSJ akan memilah terlebih dahulu baru akan mengklasifikasikan. Semoga dalam beberapa hari ke depan sudah ada datanya," pungkas Deni.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved