43 CU Dibawah Naungan BKCU Kalimantan Kelola Aset Rp 6,5 Triliun

Edi mengatakan dalam BKCU ada 750 kelompok dengan total anggota 5.900 orang, kelompok ini adalah usaha produktif dalam berbagai jenis

43 CU Dibawah Naungan BKCU Kalimantan Kelola Aset Rp 6,5 Triliun
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MASKARTINI
Pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun dalam BKCU Night sebagai puncak peringatan HUT ke-30 digelar di Hotel Ibis Pontianak, Selasa (27/11/2018). 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Pengurus Pusat Koperasi Kredit Badan Kordinasi Credit Union (Puskopdit BKCU) Kalimantan, Edi V Petebang mengatakan 30 tahun perjalanannya Puskopdit BKCU Kalimantan telah memfasilitasi proses pendidian dan pengembangan tidak kurang 100 credit union di seluruh Indonesia.

"Sampai bulan Oktober 2018 anggota Puskopdit BKCU Kalimantan ada 43 credit union yang tersebar di 18 provinsi. Puskopdit BKCUK adalah koperasi kredit sekunder terbesar di Indonesia. Total aset yang dikelola 43 CU tersebut adalah Rp6,5 triliun, pinjaman beredar  Rp4,3 triliun, dengan jumlah anggota 475.645 orang," ungkap Edi.

Baca: Puskopdit BKCU Kalimantan Launching Aplikasi E-payment, Siap Digunakan di 43 Jaringan CU

Baca: Puskopdit BKCU Kalimantan Gelar BKCU Night

Edi mengatakan dalam BKCU ada 750 kelompok dengan total anggota 5.900 orang, kelompok ini adalah usaha produktif dalam berbagai jenis.

Selain itu ada 1.351 kelompok basis dengan total anggota 24.604 orang.

"Kami mampu memberikan lapangan kerja kepada 1.800 orang. Dengan bangga kami sampaikan bahwa salah satu CU anggota kami, CU Sauan Sibarrung, selama dua tahun berturut-turut memperoleh penghargaan Acces Branding dari gerakan CU Asia satu-satunya CU dari Indonesia," ungkapnya

Penghargaan ini diberikan kepada credit  union yang mempraktikkan tata kelola yang ideal. Tahun 2018 ini kata Edi CU Sauan Sibarrung dan CU Tilung Jaya dinobatkan sebagai koperasi berprestasi tingkat nasional. Ada juga CU Femung Pebaya sebagai koperasi terbaik  di Provinsi Kalimantan Utara.

Dan beberapa CU lain yang mendapat penghargaan pada berbagai level.

"Warga Kalbar harus bangga karena secara nasional, Kalbar adalah pusat tumbuh suburnya credit union; tempat orang dari seluruh Indonesia belajar tentang credit union. Di Kalbar terdapat 51 credit union dengan total anggota 800.000. Total aset 51 CU tersebut adalah Rp8,5 triliun. Dana tersebut adalah modal murni dari anggota tidak ada dari non anggota," jelasnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved