Yuk ke Lubuk Semah, Objek Wisata di Desa Tekalong Kapuas Hulu

Kapuas Hulu memiliki beberapa destinasi wisata yang dikenal hingga manca negara. Sebut saja Danau Sentarum dan Taman Betung Kerihun

Yuk ke Lubuk Semah, Objek Wisata di Desa Tekalong Kapuas Hulu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Dua bersausara Balqis dan Khaira menghabiskan weekend bersama keluarga di Lubuk Semah 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kapuas Hulu memiliki beberapa destinasi wisata yang dikenal hingga manca negara. Sebut saja Danau Sentarum dan Taman Betung Kerihun dengan kekayaan hayati didalamnya.

Tapi tahu kah Anda, untuk mengunjungi beberapa destinasi alam yang menawarkan panorama yang menakjubkan turis mancanegara ini diperlukan jarak tempuh yang cukup jauh.

Tak banyak yang mengetahui desa-desa di lintas selatan juga menyuguhkan wisata alam yang bisa menjadi destinasi wisata tujuan keluarga.

Selain bisa melepaskan penat setelah seharian bekerja dengan berselfie ria, pengunjung juga bisa menikmati alamnya.

Salah satu desa yang menawarkan objek wisata alam yaitu Desa Tekalong.

Baca: Nikmati Burger di Cafe Naufal Depan Dermaga Wisata Sambas

Salah satunya adalah objek wisata Lubuk Semah, Desa Tekalong memiliki sekitar 15 objek wisata.

Selain Lubuk Semah, ada Batu Bedulang, Sungai Menain, Makam Liang maluh, Makam Mpabak, Hutan Adat Mi’ipung.

Lalu Makam Pulau Kolot, Goa Antas, Air Terjun Gu’ung Beliung, Air Terjun Pe’endam Upak, Air Terjun Minang, Lubuk Semah, Batu Pengansah, Batu Pedih Peut, Pelunco Nabau dan Puncak Bukit Tunggun.

Desa Tekalong Kecamatan Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu berdasarkan sata pada 2014 lalu secara administratif termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Mentebah, Kabupaten Kapuas Hulu, Desa Tekalong memiliki luas wilayah ± 8,2198 km².

Secara topografi, Desa Tekalong yang berjarak tempuh ke kota kabupatan sekitar 45km atau 30 menit menggunakan kendaraan bermotor tergolong dataran tinggi.

Lantaran Desa Tekalong dengan mayoritas suku Dayak dan beragama kristen ini berada pada ketinggian antara 750 sampai dengan 1.200 m (dpl) dengan suhu udara rata-rata 25°C dan curah hujan tahunan mencapai 0,29 mm/tahun.

Penulis: Maskartini
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved