Om Pink Raih Penghargaan Pelapak Inspiratif Indonesia

Selama ini saya ingin mengangkat kearifan lokal kita untuk lebih dikenal di masyarakat kita sendiri, ke nasional atau pun ke manca negara

Om Pink Raih Penghargaan Pelapak Inspiratif Indonesia
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Om Pink terpilih menjadi Pahlawan Ekonomi Baru Indonesia. Acara bertajuk "Pahlawan Ekonomi Baru Indonesia" itu, dihadiri ribuan pelapak dari seluruh Indonesia, di Jakarta.    --  

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Menggunakan sarung dengan motif khas di setiap pagelaran seni, expo dan lainnya inilah salah satu ciri khas Om Pink sapaan akrabnya. Kecintaannya terhadap sarung dan Kota Pontianak ia tuangkan dalam beberapa produk khas daerah.

Mengangkat konten-konten budaya lokal dari Pontianak pengusaha yang bernama lengkap Muhammad Syafril memperkenalkan konten lokal ke seluruh Indonesia. Ia yang sebelumnya sempat aktif sebagai pengurus stasiun radio merasa tertantang menjadi wirausaha. 

Gencar mempromosikan produk tradisional khas daerahnya seperti sarung dengan corak khas Pontianak hingga Kalbar baik melalui online maupun offline. Produknya juga bisa dijumpai di Bukalapak, yang merupakan marketplace terbesar di Indonesia.

Baca: Diduga Kerasukan dan Habisi Anak Kandung, Wilson: Gejala Gangguan Jiwa Berat

Om Pink kini semakin dikenal dengan produk tanjak, topi melayu hingga baju dengan corak insang khas Pontianak. Sebagai apresiasi terhadap upaya yang dilakukan Om Pink dalam memperkenalkan konten lokal, anggota sub sektor fesyen Rumaktif Pontianak ini mendapat penghargaan Pahlawan Ekonomi Baru Indonesia.

Gelar tersebut dinobatkan Bukalapak yang baru-baru ini kembali menggelar acara kopdar akbar Komunitas Bukalapak yang ketiga kalinya, di Jakarta Sabtu (24/11/2018). Acara bertajuk "Pahlawan Ekonomi Baru Indonesia" itu, dihadiri ribuan pelapak dari seluruh Indonesia. 

"Terselit rasa syukur yang tak terhingga,  ini karena se-izin Allah, saya bisa menang dan terpilih sebagai pelapak inspiratif. Artinya apa yang selama ini saya perjuangan dan kerjakan sudah benar namun tetap saja membutuhkan banyak masukan dan perbaikan untuk hasil yang lebih baik lagi nantinya," ungkapnya kepada Tribun, Minggu (25/11/2018). 

Baca: Saksikan Live Facebook Konser SLANK Minggu Malam Ini di Mempawah

Kedepan ia berharap semakin banyak pelaku UMKM dari Kalbar yang lebih kreatif dan aktif dalam berkarya sehingga nama dan karya nanti bisa berperan dikancah nasional maupun internasional.

"Selama ini saya ingin mengangkat kearifan lokal kita untuk lebih dikenal di masyarakat kita sendiri,  ke nasional atau pun ke manca negara, melalui brand produk Ompink collections yang saya buat," ujarnya.

Hasil produksi Om Pink akuinya fokus mengangkat kearifan lokal dan bisa dinikmati seluruh Indonesia. "Ini sekaligus menjadikan contoh bahwasanya UMKM lain untuk lebih bersemangat, kreatif dalam membuat produk atau karyanya secara konsisten. Saya berharap semoga ini bisa menjadi pemicu  bahwa jika kita konsisten dan terus maju dan belajar tak ada yang tak mungkin di raih, selama Allah mengizinkan," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved