ASN Terlibat Kampanye, Bawaslu Kota Kirimkan Data Hingga Bukti ke Komite ASN

Ia memaparkan temuan bawaslu tersebut diketahui setelah ASN tersebut memposting gambar seseorang caleg dari salah satu partai politik

ASN Terlibat Kampanye, Bawaslu Kota Kirimkan Data Hingga Bukti ke Komite ASN
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Kordiv pengawasan hubungan masyarakat dan hubungan lembaga Irwan Manik Radja 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bawaslu Kota Pontianak telah bersurat kepada Komite ASN sebagai bentuk tindak lanjut atas temuan bawaslu adanya aparatur sipil negara yang diduga ikut mengkampanyekan salah satu caleg di Kota Pontianak.

Anggota Bawaslu Kota Pontianak Irwan Manik Radja mengatakan pihakknya telah melakukan proses klarifikasi terhadap ASN tersebut beberapa waktu lalu. Sekitar dua pekan pihaknya telah mengirimkan surar ke Komite ASN.

Baca: KPU Mempawah Himbau Peserta Pemilu 2019 Tertib Pasang Alat Peraga Kampanye

Baca: Edi Kamtono Minta Satpol PP Bersihkan Spanduk Caleg yang Terpasang di Pohon

"Kita telah mengirimkan data, dan bukti-buktinya tentang keterlibatan yang bersangkutan dalam proses kampanye ke kepada komite ASN," ujarnya. Jumat (23/11/2018)

Sebagai bentuk tindak lanjut, Berdasarkan pengalaman sebelumnya kata Irwan. Komite ASN akan mengeluarkan rekomendasi untuk ASN tersebut mengenai tindak lanjut yang akan diberikan.

"Kita sudah melakukan pemanggilan ASN tersebut untuk mendengarkan keterangan dan klarifikasi dengan yang bersangkutan, kita juga mengecek ke intansi tempat yang bersangkutan bertugas," ujarnya.

Ia memaparkan temuan bawaslu tersebut diketahui setelah ASN tersebut memposting gambar seseorang caleg dari salah satu partai politik melalui akun sosial medianya.

"Didalam postingan tersebut berisi ajakan memilih salah satu caleg di Kota Pontianak," ujarnya.

Irwan menambahkan sejauh ini bawaslu Kota Pontianak telah menginventarisir sejumlah temuan pelanggaran dan sedang diperdalam, ada juga aparatur sipil yang statusnya masih honor.

"Setiap ada temua kita selalu proses dan melakukan pendalaman," ujarnya. 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved