Pileg 2019

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemilu 2019, KPU Sekadau Gelar Kursus Kepemiluan

Jangan sampai masyarakat sebagai pemilih terpengaruh oleh hal-hal negatif,

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemilu 2019, KPU Sekadau Gelar Kursus Kepemiluan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIVALDI ADE MUSLIADI
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menargetkan partisipasi pemilih pemilu 2019 secara nasional sebesar 77,5 persen. KPU Kabupaten Sekadau menargetkan partisipasi pemilih sebesar 75 persen. Berbagai upaya dilakukan KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih, satu diantaranya melalui kursus kepemiluan, yang digelar di Mess Pemda, Jl. Merdeka Barat Kamis (22/11).   

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menargetkan partisipasi pemilih pemilu 2019 secara nasional sebesar 77,5 persen. KPU Kabupaten Sekadau menargetkan partisipasi pemilih sebesar 75 persen. 

Berbagai upaya dilakukan KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih, satu diantaranya melalui kursus kepemiluan, yang digelar di Mess Pemda, Jl. Merdeka Barat Kamis (22/11).

Anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat, Trenggani mengapresiasi kegiatan tersebut. Apalagi, kata dia, kursus kepemiluan baru pertama kali diselenggarakan di Kalimantan Barat. Trenggani menilai, hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilu tahun 2019.

Baca: Kenalkan Smartphone Terbaru, Oppo Segera Hadirkan A7

“Target partisipasi pemilih KPU RI 77,5 persen secara nasional. Upaya yang dilakukan KPU di daerah adalah seperti kursus kepemiluan dalam mendorong partisipasi aktif masyarakat,” ujarnya. 

Trenggani mengatakan, upaya yang dilkaukan itu sebagai langkah mendorong partisipasi dan meningkatkan kesadaran pemilih agar mau datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Pada 2019, pilpres dan pileg digelar secara serentak.

“Jangan sampai masyarakat sebagai pemilih terpengaruh oleh hal-hal negatif,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, pada tahun anggaran baru tiak menutup kemungkinan akan dibentuk relawan demokrasi disetiap kabupaten dan kota. Trenggani menambahkan, berdasarkan informasi setipa kabupaten atau kota relawan demokrasi sebanyak 50 orang.

“Kalau bisa relawannya diambil dari peserta yang sudah mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini. Dengan program seperti ini mudah-mudahan tingkat partisipasi di Kalimantan Barat meningkat,” katanya. 

Baca: Surya Paloh Resmikan Kantor DPW Nasdem Kalbar

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sekadau, Drianus Saban mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara KPU untuk membangun komunikasi dengan semua pihak melalui metode kursus kepemiluan.

“Kegiatan ini menyasar kelompok tertentu seperti pemilih pemulah, pemuda, ormas dan organisasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ungkapnya.

Saban berharap, langkah tersebut bisa meningkatkan partisipasi pemilih. Selain itu, ia berharap para peserta bisa memberikan informasi kepada kelompok dan masyarakat secara luas.

Baca: Terkait Loading Ramp, Ini Hasil Kunker Komisi II DPRD Sanggau ke Dirjen Perkebunan

“Partisipasi itu perlu keterlibatan masyarakat. Memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat secara luas,” pungkasnya.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved