Pileg 2019

Roni Irawan :Bawaslu Ketapang akan Lakukan Pendataan APK Secara Periodik

Mengingat tahapan kampanye berlangsung cukup panjang hingga pertengahan bulan April 2019

Roni Irawan :Bawaslu Ketapang akan Lakukan Pendataan APK Secara Periodik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NUR IMAM SATRIA
Komisioner Bawaslu Kabupaten Ketapang, Roni Irawan

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nur Imam Satria

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ketapang akan melakukan pendataan Alat Peraga Kampanye (APK) yang saat ini telah terpasang di tempat-tempat yang telah ditentukan oleh KPU secara periodik.

Penegasan itu disampaikan Komisioner Bawaslu Kabupaten Ketapang, Roni Irawan, Rabu (21/11/2018). 

Menurut Roni Irawan dilakukannya pendataan secara periodik bertujuan untuk mengidentifikasi mana saja APK yang keberadaannya sesuai aturan, dan mana yang keberadaannya perlu di rekomendasikan untuk dilakukan penertiban.

"Mengingat tahapan kampanye berlangsung cukup panjang hingga pertengahan bulan April 2019, maka aspek pengawasan terhadap keberadaan APK juga akan berlangsung terus menerus secara kontinyu dan berjenjang," ucap Roni.

Baca: Warga Sintang Serbu Sembako Murah di RPK Center Bulog Sintang 

Selain itu menurut Roni, sejak mulai tahapan kampanye, sudah ada laporan ke Bawaslu terkait APK. Bahkan sebelum tahapan kampanye dimulai, juga ada laporan yang diterima terkait keberadaan APK. Namun Roni mengatakan laporan tersebut masih tergolong minim.

"Satu kasus yang pernah disampaikan ke Bawaslu beberapa waktu lalu bukan terkait pelanggaran, namun bentuk keberatan salah satu caleg atau tim kampanye atas diturunkannya APK milik mereka oleh pihak lain," sebut Roni.

Atas laporan tersebut menurut Roni, upaya yang ditempuh oleh Bawaslu bersama Panwascam pada tahap awal meminta penjelasan dan klarifikasi dari semua pihak. Melalui proses mediasi akhirnya disepakati APK tersebut dipasang kembali pada posisi dan tempat semula.

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved