Pileg 2019

KPU Siapkan APK bagi Peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Ketapang

Menurut Ari, selain disediakan oleh KPU, baik Parpol maupun Tim pemenang Pilpres itu dapat membuat APK sendiri.

KPU Siapkan APK bagi Peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Ketapang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NUR IMAM SATRIA
Anggota KPU Kabupaten Ketapang Divisi SDM dan Parmas, Ari As'ari. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nur Imam Satria

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Sebagai penyelenggara pemilu KPU Kabupaten Ketapang telah menyiapkan beberapa Alat Peraga Kampanye (APK) untuk diserahkan kepada seluruh peserta pemilu baik Parpol, Tim Kampanye Pilpres, maupun DPD.

Anggota KPU Divisi SDM dan Parmas, Ari As'ari mengatakan bahwa seluruh APK yang disediakan oleh KPU telah diserahkan kepada masing-masing Parpol, maupun Tim pemenang Pilpres sejak dua Minggu lalu.

Baca: Persiapan Jelang Pemilu 2019, Ini Yang Dilakukan KPU Ketapang

"Untuk Tim pemenang Pilpres maupun Parpol itu kita sediakan 10 baliho dan 16 spanduk gratis, desain nya dari mereka kita yang cetak. Dan setelah itu silakan dipasang ditempat-tempat yang telah disediakan," terang Ari, Rabu (21/11).

Menurut Ari, selain disediakan oleh KPU, baik Parpol maupun Tim pemenang Pilpres itu dapat membuat APK sendiri. Tetapi untuk jumlah tetap dibatasi oleh KPU.

"Kalau cetak mandiri jumlah maksimum yang boleh mereka cetak baik Parpol maupun Tim kampanye Pilpres itu kita batasi 5 baliho dan 10 spanduk. Untuk desain kita bebaskan asal tidak mengandung unsur SARA intinyakan sebenarnya di APK itukan visi misi, namun jika melebihi apa yang telah ditentukan akan kita tertibkan," sebut Ari.

Baca: LIVE STREAMING Singapura vs Timor Leste Berlangsung Jam 18.30 WIB, Penentu Nasib Timnas Indonesia

Untuk lokasi pemasangan, Ari menjelaskan bahwa seluruh lokasi yang boleh dipasang APK oleh peserta pemilu telah ditentukan. Jika untuk di wilayah Kota pihaknya sudah berkoordinasi lewat Bupati, dan untuk di desa-desa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan.

"Intinya itu yang dilarang itu satu di area kantor  Pemerintahan, halaman sekolah, rumah sakit, fasilitas umum, dan area yang telah ditentukan okeh KPU. Jadi kita sudah memberikan ke Parpol ada area-area yang kita larang," sebut Ari.

Selain itu ditempat-tempat maupun lokasi tersebut, ada juga area yang diperbolehkan untuk memasang APK selain ditempat yang telah ditentukan, contohnya di area pribadi. Tetapi menurut Ari, itu juga peserta pemilu harus menunjukkan surat izin terlebih dahulu.

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved