Pileg 2019

Menoropong Peluang Caleg Perempuan di Kalbar, Misrawi: Mereka Memiliki Peluang Sama

Artinya semua caleg memiliki ruang dan kesempatan yg sama dalam melakukan kegiatan kampanye.

Menoropong Peluang Caleg Perempuan di Kalbar, Misrawi: Mereka Memiliki Peluang Sama
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ File
Misrawi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Presedium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kalbar Misrawi menilai semua politisi yang berkontestasi dalam pemilu 2019 termasuk politisi perempuan memiliki peluang yamg sama untuk memperoleh dukungan/atau memperoleh kursi legislatif baik ditingkat kab/kota, tingkat provinsi dan DPR RI.

"Semua punya peluang yang sama tinggal bagaimana para politisi perempuan dapat memanfaatkan/memaksimalkan tahapan kampanye yang sedang berlangsung ini sebagai sarana untuk menyampaikan program-programnya kepada masyarakat," ujarnya Selasa (20/11/2018)

Baca: Terasa Nyaman, Inilah Suasana Sore di Taman Waterfront Mempawah

Misrawi menambahkan, hal terpenting dilakukan bagi para politisi perempuan untuk berusaha menjawab stigma di masyarakat atau di dalam tubuh partai bahwa caleg perempuan hanya sebagai pelengkap untuk mengisi syarat kuota 30 persen calon perempuan

Menurutnya jika melihat dari komposisi pemilih perempuan yang memang jumlahnya sangat besar, jika dikelola dengan baik tentu caleg perempuan bisa saja memiliki peluang untuk memenangi pemilihan.

Baca: Terasa Nyaman, Inilah Suasana Sore di Taman Waterfront Mempawah

Di dalam UU maupun pkpu yang mengatur tentang kampanye. Tidak ada perbedaan antara caleg perempuan dengan caleg laki-laki dalam melakukan aktifitas kampanye. Artinya semua caleg memiliki ruang dan kesempatan yg sama dalam melakukan kegiatan kampanye. 

"Tinggal bagaimana para caleg ini melakukan kegiatan kampanye yg betul efektif dan efisiensi untuk menarik dukungan masyarakat pemilih yang tentunya tidak melanggar norma-norma atau aturan-aturankampanye yang diatur di dalam UU maupun PKPU," ujarnya. 

Saat disinggung soal peluang kesuksesan caleg perempuan di Kalbar, Ia mengatakan caleg perempuan di kalbar sudah mampu bersaing didlam kancah politik. Sebagai contoh untuk pemilu 2014 dari 4 anggota DPD dua diantaranya calon perempuan. 

"Meskipun untuk tingkat kabupaten/kota maupun provinsi belum sebanyak caleg laki-laki yg terpilih. Tapi hal itu juga berbanding lurus dengan jumlah caleg perempuan yang lebih sedikit dibandingkan caleg laki-laki," ujarnya. 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved