Kemenkeu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Melaui Hal Ini

Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah “Peningkatan Peran Perguruan Tinggi dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Kemenkeu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Melaui Hal Ini
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Produk UMKM 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kementerian Keuangan dalam rangka mewujudkan kerjasama antar perguruan tinggi, dunia usaha, pemerintah dan pelaku perekonomian untuk pemberdayaan masyarakat, hari ini, minggu, 18 November 2018, Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN menginsiasi penyelenggaraan Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat (SEMBHADA) Tahun 2018.

Baca: Lebihi Ekspektasi, Pelatih Futsal Mempawah Puas Torehan Anak Asuhnya

Baca: KPU Kayong Utara Serahkan APK Pemilu 2019 Pada Tim Pemanangan dan Peserta Pemilu 2019

Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah “Peningkatan Peran Perguruan Tinggi dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Melalui Penguatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif dan Revitalisasi Pengelolaan Dana Desa”. Menteri Keuangan bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi hadir sebagai narasumber pada kesempatan tersebut.

Kegiatan SEMBADHA 2018 dilakukan untuk merespon Rencana Strategis Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti (2015-2019), yang di dalamnya telah ditetapkan tujuan “Meningkatnya Relevansi dan Produktivitas Riset dan Pengembangan Iptek”.

Upaya aktif PKN STAN untuk terlibat dalam penguatan UMKM dan revitalisasi pengelolaan dana desa guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui media pengabdian masyarakat dan publikasi ilmiah di perguruan tinggi. Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, perguruan tinggi diharapkan melakukan pelayanan untuk ikut mempercepat proses peningkatan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

Melalui kegiatan tersebut perguruan tinggi juga akan memperoleh umpan balik dari masyarakat tentang tingkat kemajuan dan relevansi ilmu yang sedang dikembangkan.

Peserta seminar nasional ini adalah para dosen, peneliti dan mahasiswa yang berasal dari 30 perguruan tinggi yang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya yang terkait dengan literasi berbasis problem dan isu-isu kritis dalam pengelolaan dana desa, pengelolaan UMKM, dan pengembangan ekonomi kreatif.

Kegiatan ini juga diikuti oleh staf pemerintah daerah yang terkait dengan bidang kesejahteraan masyarakat, Lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan penggiat (aktivis) yang terlibat aktif dalam berbagai program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Dalam paparannya Menteri Keuangan berpesan kepada PKN STAN dan perguruan tinggi yang lain agar bekerjasama dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat, sehingga hasil yang diperoleh lebih besar dan lebih baik yang akhirnya berguna bagi rakyat Indonesia.

Selanjutnya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menyampaikan Indonesia adalah Negara kaya dengan kekuatan ekonomi ke-15 di dunia dengan total GDP lebih dari USD 1 Triliun. Dengan sumber daya yang dimiliki tersebut adalah tugas dan tanggung jawab bersama terutama para civitas akademika untuk menjaganya.

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved