Inflasi Indonesia Terkendali di Level Berikut

inflasi inti tercatat 2,94 persen (yoy), cukup stabil dibandingkan dengan inflasi inti bulan sebelumnya sebesar 2,82 persen (yoy).

Inflasi Indonesia Terkendali di Level Berikut
Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Inflasi tetap terkendali pada level yang rendah dan stabil dalam kisaran 3,5±1 persen. Inflasi pada Oktober 2018 tercatat 0,28 persen (mtm) atau 3,16 persen (yoy), lebih tinggi dari deflasi 0,18 persen (mtm) atau 2,88 persen (yoy) pada bulan sebelumnya.

Bank Indonesia melalui siaran pers yang disampaikan melalui website resmi Bank Indonesia merilis inflasi pada Oktober 2018 terutama bersumber dari kelompok volatile food dan kelompok administered prices, sedangkan inflasi inti tercatat stabil.

Kelompok volatile food mencatat inflasi seiring peningkatan harga beberapa komoditas pangan. Inflasi pada kelompok administered prices terutama dipengaruhi oleh penyesuaian harga BBM nonsubsidi.

Baca: Stabilitas Sistem Keuangan di Indonesia Tetap Terjaga, Berikut Laporan Kinerjanya

Sementara itu, inflasi inti tercatat 2,94 persen (yoy), cukup stabil dibandingkan dengan inflasi inti bulan sebelumnya sebesar 2,82 persen (yoy).

Terkendalinya inflasi inti tidak terlepas dari konsistensi kebijakan Bank Indonesia dalam mengarahkan ekspektasi inflasi, termasuk dalam menjaga pergerakan nilai tukar sesuai fundamentalnya.

Dengan perkembangan tersebut, inflasi secara kumulatif sampai Oktober 2018 tercatat 2,22 persen (ytd). Bank Indonesia memperkirakan inflasi yang rendah masih akan berlanjut sehingga inflasi 2018 diprakirakan sekitar 3,2 persen (yoy).

Baca: Ekonomi Indonesia Tumbuh ditengah Tren Perlambatan Ekonomi Dunia

Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, guna menjaga inflasi pada level yang rendah dan stabil.

Penulis: Maskartini
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved