Suriyansyah: HKTI Dorong Pemuda Kalbar Minati Pertanian

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kalimantan Barat mendorong para pemuda Kalimantan Barat untuk meminati bidang pertanian.

Suriyansyah: HKTI Dorong Pemuda Kalbar Minati Pertanian
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pelaksanaan kegiatan seminar pertanian dari DPD HKTI Kalimantan Barat, Sabtu (10/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kalimantan Barat mendorong para pemuda Kalimantan Barat untuk meminati bidang pertanian.

Hal itu sebagaimana yang di sampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HKTI Kalimantan Barat, Ir H Suriansyah.

Ha tersebut, ia sampaikan pada saat pelaksanaan kegiatan seminar pertanian yang di laksanakan di Aula Hotel Pantura Jaya Sambas.

Baca: Jelang Pemilu, Wasekum PA HMI Cabang Sambas Minta KPU Sosialisasi Ke Sekolah-sekolah

Ia mengatakan kegiatan yang diselenggarakan oleh HKTI Kalbar tersebut juga dalam rangka untuk mentransfer ilmu dan pengetahuan tentang pertanian kepada generasi muda dan petani di Kalbar khususnya di Kabupaten Sambas.

"Seminar pertanian HKTI Kalimantan Barat dalam rangka memberikan informasi yang lebih luas dan akurat supaya masyarakat pertanian di Kalimantan Barat memperoleh pengetahuan dan keterampilan," ujar Suriansyah, Sabtu (10/11/2018).

Ia menjelaskan, pengetahuan yang ia maksud adalah jikalau ternyata ada potensi-potensi lokal yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian di Kalimantan Barat. Maka kemudian bisa untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

"Kemudian ada transfer, pengetahuan dalam rangka pembuatan tanaman hidroponik dan pengolahan beberapa produk minuman dan makanan dari hasil pertanian," tuturnya.

"Tujuannya tentu untuk menggugah terutama para generasi muda petani, agar tetap berminat menjadi petani karena petani sebenarnya bisa sejahtera apabila menggunakan teknologi yang sesuai inovasi-inovasi dan kreativitas," jelas Suriansyah.

Ia mengemukakan, Kabupaten Sambas akan menjadi lumbung pangan di Kalbar, jika bisa menggerakkan pemuda untuk menjadi petani muda.

Halaman
12
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved