Peringati Hari Pahlawan Ini Yang Dilakukan Komunitas Perahu Edukasi Ketapang

Sebagai bangsa yang besar, tentu tidak akan pernah melupakan jasa para pahlawannya, itu yang pernah diucapkan oleh Presiden pertama Indonesia Ir. Soek

Peringati Hari Pahlawan Ini Yang Dilakukan Komunitas Perahu Edukasi Ketapang
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ketua Umum Komunitas Perahu Edukasi Ketapang saat Membagikan Kartu Ucapan Selamat Hari Pahlawan kepada salah satu pengendara motor. 

Citizen reporter

Sekretaris Komunitas Perahu Edukasi Ketapang

Ilham Mila Agustina

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebagai bangsa yang besar, tentu tidak akan pernah melupakan jasa para pahlawannya, itu yang pernah diucapkan oleh Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno.

Untuk itu, dalam peringatan Hari Pahlawan  pada 10 November 2018 ini tentu banyak cara yang bisa dilakukan oleh setiap individu, kelompok, instansi/lembaga, organisasi, LSM, Komunitas dan lain sebagainya agar momentum ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Pertama, Ucapan selamat Hari Pahlawan sebagai bentuk peringatan Hari Pahlawan, yang menurut historisnya terjadinya Pertempuran di Kota Surabaya pada tahun 1945 silam. Saat itu para tentara dan  milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Baca: Cerahnya Lagit Di Kota Sanggau Saat Ini

Untuk itu, dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November 2018 ini, ada hal unik yang dilakukan oleh Pendidikan Relawan Peduli Pendidikan, Perahu Edukasi Kabupaten Ketapang yaitu membagikan selebaran kata-kata mutiara, yang didalmnya berisi motivasi dan ucapan selamat hari pahlawan yang dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Ketapang yang bertempat pada satu titik perempatan tepanya di simpang RS. Agoesdjam Jalan Soeprapto, Sabtu (10/11/2018) sore.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh perahu edukasi ini juga mendapat dukungan dari  pihak-pihak seperti, Kapolsek Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang dan seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang.

Turut hadir pada kegiatan pembagian kartu ucapan selamat hari pahlawan saat itu, Brigadir Polisi Firmansyah selaku Pembina Komunitas, Fachrur Rizal selaku Ketua Umum Komunitas, Ilham Mila Agustina selaku Sekretaris Umum, Ilis Yulianti selaku Bendahara Umum dan seluruh jajaran pengurus harian dan relawan Komunitas Perahu Edukasi Ketapang.

Dalam kesemepatan tersebut, Ketua Umum Perahu Edukasi Ketapang Fachrur Rizal mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November 2018 itu adalah tanggung jawab kita sebagai generasi muda bangsa, terutama dalam memperingati hari pahlawan.

“Ini sebagai bentuk mengenang sejarah para pahlawan terdahulu dalam memperjuangkan bangsa ini menjadi bangsa yang kuat, bermartabat, dan merdeka dari penjajahan. Semua tokoh pahlawan yang terlibat dalam perjuangan ini meliputi pemuda, ulama, santri dan masyarakat Indonesia kala itu bersatu untuk menjadikan Bangsa Indonesia ini merdeka dengan mempertaruhkan nyawa dan rela bertumpah darah untuk Indonesia. Untuk itu, kita harus dapat mengambil nilai-nilai dari perjuangan para pahlawan bangsa terdahulu seperti; nilai pengorbanan dan keikhlasan yang terdapat di dalam diri mereka,” ujar pria yang kerap disapa dengan panggilan Fahri ini.

Fahri menambahkan, kegiatan itu juga sebagai bentuk pesan moral untuk seluruh pemuda Kabupaten Ketapang.

“Perkokoh Persatuan dan Kesatuan untuk Membangun Negeri, karena Semangat Pahlawan ada di dalam setiap diri kita. Hari ini tugas kita adalah menjadi pahlawan selanjutnya, pahlawan hari ini, yang terus menggelorakan semangat kepahlawanan, perjuangan, keikhlasan, mengisi kemerdekaan, dan bermanfaat bagi masyarakat sekeliling kita sebanyak-banyaknya,” Harapnya.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved