Pemilu 2019

Jelang Pemilu, Wasekum PA HMI Cabang Sambas Minta KPU Sosialisasi Ke Sekolah-sekolah

KPU Kabupaten Sambas harus meningkatkan sosialisasi pemilih pemula hingga ke sekolah-sekolah.

Jelang Pemilu, Wasekum PA HMI Cabang Sambas Minta KPU Sosialisasi Ke Sekolah-sekolah
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Sekretaris Umum (Wasekum) bidang PA Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sambas Rian. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Wakil Sekretaris Umum (Wasekum) bidang PA Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sambas Rian mengatakan, KPU Kabupaten Sambas harus meningkatkan sosialisasi pemilih pemula hingga ke sekolah-sekolah.

Menurutnya, dari data yang di rilis oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tercatat ada 5.035.887 orang pemilih pemula pada Pemilu 2019. Data tersebut telah masuk dalam Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4)

Rian mengatakan, Jumlah tersebut didapat dari hasil pengurangan total Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) dan data penduduk wajib KTP elektronik. Yang jumlah DP4 berjumlah 196.545.636, sedangkan jumlah data wajib KTP sejumlah 191.509.749, yang telah di rilis oleh Kemendagri.

Baca: Samayong Institute Ikuti Kegiatan Putra Daerah Membangun di Depok Jawa Barat

Berdasarkan data diatas, Rian mengatakan kalangan pemilih pemula sudah sepantasnya mendapat perhatian serius dari KPU. Karena mencetak pemilih cerdas adalah salah satu tujuan yang harus dicapai oleh KPU mengingat banyaknya jumlah peserta pemilu pemula yang ikut andil pada Pilpres dan Pileg 2019 mendatang.

"Untuk itu, Program KPU Goes To School, hemat saya adalah salah satu program yang sangat ideal dilakukan KPU untuk memberi pemahaman dan menumbuhkan kesadaran kepada pemilih terkait kepemiluan kepada pemilu pemula," ujar Rian, Minggu (11/11/2018).

Rian mengatakan, KPU Goes To School itu, dinilai memiliki dampak positif bagi para siswa. Terlebih lagi, saat ini tidak sedikit dari siswa-siswi yang sudah memiliki hak pilih pada Pemilu mendatang ada di kalangan anak sekolah.

"Mengingat pentingnya pemahaman awal pemilih tentang kepemiluan yang dalam hal ini kebanyakan masih berstatus siswa, maka penting kiranya bagi KPU Kabupaten Sambas pada khususnya untuk segera mengagendakan program KPU Goes To School di Sambas guna mencetak pemilih cerdas di Kabupaten Sambas, khususnya bagi pemilih pemula," tegas Rian.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved