Masyarakat Desa Karangan Gelar Robo-robo

Kemudian dirinya berterimakasih kepada semua pihak karena kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik

Masyarakat Desa Karangan Gelar Robo-robo
ISTIMEWA
Kegiatan Robo-Robo di Desa Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu Kabupaten Landak pada Rabu (7/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Alfon Pardosi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Masyarakat Desa Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu menggelar kegiatan Robo-robo yang dipusatkan di rumah adat Melayu Desa Karangan pada Rabu (7/11).

Ada ratusan masyarakat memadati halaman rumah adat tersebut untuk mengikuti agenda tahunan itu.

Selain masyarakat, hadir juga jajaran Muspika Mempawah Hulu, Ketua MABM Mempawah Hulu, Ketua DAD Mempawah Hulu, Kades Karangan, para tokoh di Kecamatan Mempawah Hulu.

Baca: Sabli: Even Robo-Robo Potensi Wisata Budaya Kalbar

Ketua panitia penyelenggara, Meta Yoga Ariana mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan tamu undangan lainnya yang hadir dalam kegiatan itu.

"Kegiatan gelar budaya robo-robo ini memang dilaksanakan bertepatan dengan 30 Safar 1440 H atau pada hari Rabu terakhir dibulan Safar," ujarnya. 

Kemudian dirinya berterimakasih kepada semua pihak karena kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik. "Kita berharap kegiatan ini dapat terlaksana setiap tahunnya," terangnya. 

Ketua MABM Kecamatan Mempawah Hulu, Syarif M Noor juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung dan berpartisipasi mensukseskan gelar budaya robo-robo tersebut.

"Demikian juga kepada panitia penyelenggara yang sudah susah payah melaksanakan kegiatan ini. Kita berharap agar budaya robo-robo ini tidak hilang ditelan jaman. Ini budaya yang harus kita lestarikan," terangnya. 

Sementara itu, Sekcam Mempawah Hulu, Agustinus Itas mengatakan, gelar budaya robo-robo itu sudah berlangsung semenjak dahulu di Karangan.

Baca: PDAM Tirta Galaherang Mempawah Gelar Workshop

"Dulunya kegiatan sakral ini berlangsung di hutan Setabi. Sekarang kegiatan ini dilaksanakan di rumah adat Melayu Desa Karangan ini," jelasnya.

Ia berharap supaya kegiatan Robo-robo di Karangan itu bisa berlangsung setiap tahunnya. Kalau bisa, kegiatannya tidak kalah dengan Mempawah.

"Kita tetap memberikan dukungan terhadap kegiatan masyarakat yang bersifat fositif di Kecamatan Mempawah Hulu ini," katanya.

Kegiatan Robo-robo itu diakhiri dengan makan bersama dialam terbuka. Selain itu digelar juga sejumlah perlombaan untuk memeriahkan kegiatan tersebut.

Penulis: Alfons Pardosi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved