Lihat Keinginan Pedagang Pasar Alianyang, Disperindagkop Singkawang Lakukan Pendataan Ulang

"Buktinya dari separuh yang kita data khususnya kepada pedagang yang berjualan di depan Kantor Kemenag itu banyak yang menolak," katanya

Lihat Keinginan Pedagang Pasar Alianyang, Disperindagkop Singkawang Lakukan Pendataan Ulang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHOINO KRISTO SEBASTIANUS MELANO
Kondisi Pasar Semi Modern Alianyang tampak sepi di Jalan Alianyang, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kamis (8/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah Kota Singkawang terus berupaya untuk mendata dan memindahkan para pedagang kaki lima (PKL) yang belum memiliki tempat ke Pasar Semi Modern Alianyang.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Singkawang, Triwahdina Safriantini mengatakan, tujuan pihaknya melakukan pendataan ulang para pedagang untuk melihat apakah mereka masih punya keinginan untuk berjualan di Pasar Semi Modern Alianyang. 

Baca: Kepala BPJS Cabang Singkawang : Ini Program Untuk Masyarakat

Baca: BPJS Cabang Singkawang Laksanakan Sosialisasi Perbup No 30 Tahun 2018

"Buktinya dari separuh yang kita data khususnya kepada pedagang yang berjualan di depan Kantor Kemenag itu banyak yang menolak," katanya, Kamis (8/11/2018).

Walaupun waktu yang diberikan untuk berjualan di depan Kantor Kemenag sangat terbatas dari pukul 05.00 hingga 09.00 WIB, namun para pedagang sepertinya masih ingin berjualan di tempat tersebut. 

"Padahal kita sudah menyediakan tempat berjualan yang permanen," ujarnya.  

Kepada pedagang yang menolak, hak atas los dan kios terpaksa ditarik untuk diberikan kepada pedagang yang antri.

Pemindahan ini benar-benar dilakukan dengan cara pendekatan persuasif dan bermusyawarah. Kalau memang dia tidak mau tidak dipaksa.

"Tapi, suatu saat mereka yang menolak harus sadar, jika seandainya nanti ada kebijakan pemerintah kota untuk tidak membolehkan siapapun berjualan di badan Jalan Alianyang, maka mereka harus sudah tahu seperti apa nanti konsekuensinya," tuturnya. 

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved