Asisten Setda Sintang Buka Workshop Caleg Perempuan

Pada kesempatan ini, Henri menyampaikan secara singkat gambaran penurunan indeks demokrasi di Indonesia dalam 2 tahun terakhir.

Asisten Setda Sintang Buka Workshop Caleg Perempuan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Hendri Harahap, S.Sos,MM membuka workshop bagi calon legislatif perempuan dan kader partai politik Kabupaten Sintang di Metting Room Hotel My Home Sintang, Kamis (08/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG -  Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Hendri Harahap, S.Sos,MM membuka workshop bagi calon legislatif perempuan dan kader partai politik Kabupaten Sintang di Metting Room Hotel My Home Sintang, Kamis (08/11/2018).

“Pada kontestasi politik di pemilu tahun 2019, kita dapat melihat bahwa cukup banyak keterlibatan kaum perempuan,” ujar Henri. “hal ini terlihat dengan adanya peningkatan minat kaum perempuan untuk terlibat pada proses pembangunan bangsa melalui jalur politik,” tambahnya.

Baca: BPJS Kesehatan Sintang Tandatangani SKK Bersama Kejari Sanggau, Ini Tujuannya

Baca: Wakil Bupati Sintang Tinjau Proses Seleksi CPNS Tahun 2018 di SMKN 1 Sintang

Pada kesempatan ini, Henri menyampaikan secara singkat gambaran penurunan indeks demokrasi di Indonesia dalam 2 tahun terakhir.

Ia menyebutkan ada penurunan signifikan pada aspek kebebasan berkumpul dan berserikat serta kebebasan dari disrikriminasi.

Asisten Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan tersebut, juga menyampaikan beberapa langkah yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk mengantisipasi pemilu 2019. Misalnya, memperkuat peran forum koordinasi pimpinan daerah untuk mendeteksi kerawanan pemilu, melakukan sosialisasi aturan pemilu, serta melakukan pendidikan politik secara terpadu kepada pemilih.

 “Acara kita pada hari ini, itu salah satu bentuk pendidikan politik yang kita lakukan bersama antara Pemda Sintang melalui Dinas KBP3A, KPUD dan Bawaslu Daerah Kabupaten Sintang ini,” ungkap Henri.

“Saya harap agar melalui kader-kader partai dan caleg perempuan ini dapat terlibat aktif dan terus menjalin koordinasi dengna pihak-pihak terkait lainnya, supaya mampu mengatasi persoalan yang terjadi pada penyelenggaraan pemilu 2019 nanti,” kata Henri menutup sambutannya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber, Ketua KPU Kabupaten Sintang, Hazizah dan Wakil Bupati Sambas, Hj. Hairiah, SH.,MH. Kedua tokoh wanita ini, merupakan tokoh-tokoh wanit ayang berkiprah dalam bidang politik di Kalimantan Barat.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Keluarga Berencana, Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Kabupaten Sintang, Drs. Idham Halik menyampaikan mengenai jumlah peserta yang hadir lebih dari 30 peserta dari 42 peserta yang terdaftar pada panitia. Para peserta itu berasal dari daftar caleg yang terdata di KPUD Sintang.

“Tujuan kegiatan ini antara lain untuk menginspirasi dan mengerakkan kaum perempuan Sintang untuk menjadi pelaku aktif dalam dunia politik,” kata Idham. “kita juga ingin memperluas wawasan tentang berpolitik, dan mempersiapkan mental kaum perempuan Sintang untuk terjun ke dunia politik,” tambahnya.

“Terakhir, lewat kegiatan ini kita selaku pemerintah daerah ingin meningkatkan kualitas kaum perempuan Sintang dalam dunia politik,” pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved