KPU Kota Pontianak Harap Peserta Pemilu Tertib Pasang APK

Kendati demikian Deni terus mengingatkan kepada seluruh peserta partai politik untuk selalu tertib dalam pemasangan APK.

KPU Kota Pontianak Harap Peserta Pemilu Tertib Pasang APK
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / HAMDAN DARSANI
Komisioner KPU Kota Pontianak, Deni Nuliadi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Komisioner KPU Kota Pontianak Deni Nuliadi mengatakan ukuran maksimum baliho bagi peserta pemilu adalah 4x7 meter. Mengenai jumlah APK yang difasilitasi oleh KPU masing-masing partai mendapat 10 buah baleho dan spanduk sebanyak 16 buah.

"Masing-masing partai bisa menambah jumlah APK tersebut sebanyak lima baliho per kelurahan dan sepuluh spanduk per kelurahan," ujarnya Rabu (7/11/2018)

Baca: Bawaslu Kapuas Hulu Siap Laksanakan UU Tentang Pemilu, Ini Penjelasan Mustaan

Baca: Kubu Prabowo Gotong-Royong Biayai Pemilu 2019

Lebih dari itu Kata Deni para peserta pemilu tidak diperbolehkan menambah jumlah APK yang telah ditentukan. Terkait APK yang dipasang sendiri oleh caleg akan terhitung sebagai bagian dari APK Partai.

"Jika ada Caleg yang memasang baleho di kelurahan tertentu maka itu akan terhitung sebagai quota APK Partai. Apabila ada kelebihan jumlah APK Partai yang terpasang, KPU akan meminta untuk di tertibkan," ujarnya.

Ia menjelaskan untuk penertiban APK yang menyalahi baik dari segi ukuran, dan jumlah sebaranya hal itu menjadi wewenang bawaslu yang akan berkoordinasi dengan Pol PP.

Lebih lanjut Deni menuturkan bahwa saat ini banyak para calon legislatif yang sudah mulai melakukan pemasangan APK untuk mengenalkan dirinya di masyarakat. Ia mengaku terdapat diberapa lokasi di Kota Pontianak APK terpasang di tempat yang dilarang.

"Seperti contohnya di Jln Gajahmada yanh kemarin sempat terpasang dan saya juga tidak tau apakah sudah diturunkan atau belum. Namun kita juga sampaikan ke LO partai tersebut," ujarnya.

Kendati demikian Deni terus mengingatkan kepada seluruh peserta partai politik untuk selalu tertib dalam pemasangan APK.

"Kita tunggu saja nanti bagaimana partai melakukan penertiban jika terjadi pelanggaran dalam pemasangan APK dari caleg dan pengurus partainya," pungkasnya. 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved