Kalbar Toreh Prestasi Ajang Festival Ekonomi Syariah di Balikpapan

berhasil mengukir prestasi pada beberapa perlombaan yaitu juara 1 lomba busana muslim dan booth pameran dengan transaksi elektronik terbanyak

Kalbar Toreh Prestasi  Ajang Festival Ekonomi Syariah di Balikpapan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kantor Perwakilan BI Kalbar raih prestasi untuk juara 1 lomba busana muslim dan booth pameran dengan transaksi elektronik terbanyak serta juara 2¬†entrepreneur¬†muda syariah. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,JAKARTA - Bank Indonesia berkomitmen dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah sebagai alternatif prinsip pengelolaan ekonomi. Satu di antara bentuk nyatanya adalah penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah (FESyar).

Pada tahun 2018 ini, FESyar kawasan timur Indonesia (KTI) dilaksanakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada tanggal 2-4 November dan dibuka langsung oleh Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo, bersama Wakil Gubernur Kalimantan Timur.

FESyar 2018 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan para pelaku ekonomi terhadap sistem keuangan syariah serta mempersuasi untuk berperan lebih aktif mendorong kemajuan ekonomi syariah.
Seperti perhelatan sebelumnya, Fesyar kali ini juga dimeriahkan dengan pameran produk UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia se-KTI dan lembaga keuangan syariah lainnya.

Baca: Hary Tanoe: Lindungi Industri Nasional dari Online Asing Ilegal

Baca: Rusman Ali Hadiri Robo-robo di Sungai Kakap

Selain itu, terdapat pula berbagai perlombaan bernafaskan syariah seperti entrepreneur muda berbasis syariah, kaligrafi, tari kreasi Islam, nasyid, busana muslim, tokoh ekonomi syariah daerah, pesantren unggulan, lembaga ZISWAF unggulan, dan business matching.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat juga turut berpartisipasi dalam seluruh kegiatan FESyar dan berhasil mengukir prestasi pada beberapa perlombaan yaitu juara 1 lomba busana muslim dan booth pameran dengan transaksi elektronik terbanyak serta juara 2 entrepreneur muda syariah dan booth pameran dengan volume penjualan tertinggi menggunakan mesin EDC.

Selain itu, FESyar kali ini juga menjadi ajang pertemuan investor bisnis syariah. Total nilai komitmen bisnis syariah untuk seluruh KTI mencapai Rp17 triliun, dengan porsi Kalimantan Barat sebesar Rp2,4 milyar, yaitu komitmen pembiayaan rumah FLPP bagi masyarakat berpenghasilan rendah dari BNI Syariah.

Kepala Perwakilan BI Kalimantan Barat, Prijono, yang turut mendampingi para juara mendapatkan piagam dari Deputi Gubernur BI.

“Saya berharap pada FESyar 2019 kontingen Kalimantan Barat dapat meraih lebih banyak prestasi dan para juara dapat menularkan semangat ekonomi Islam lebih luas pada masyarakat dan pelaku usaha lokal,” harapnya.

Selain di KTI, FESyar juga telah dilaksanakan di regional Jawa dan Sumatera. Para juara dari setiap kategori lomba dari ketiga regional tersebut akan dipertemukan dalam Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) pada Desember 2018 di Surabaya.

Rencananya, Kalimantan Barat akan diwakili oleh sang entreprenuer muda syariah yang berhasil menjadi juara 1 di FESyar KTI.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved