Perjuangan dan Jerih Payah Akan Menghasilkan Karya Maksimal

Perempuan yang tekun mengembangkan serta mempromosikan kebudayaan Dayak lewat Kerawing Gallery nya itu, kini membuahkan hasil.

Perjuangan dan Jerih Payah Akan Menghasilkan Karya Maksimal
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANESH VIDUKA
Franciska Mening 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Perjuangan dan jerih payah akan menghasilkan karya yang maksimal dan bernilai, begitulah yang terjadi pada Franciska Mening Seorang seniman dan pencinta Budaya Dayak.

Perempuan yang tekun mengembangkan serta mempromosikan kebudayaan Dayak lewat Kerawing Gallery nya itu, kini membuahkan hasil.

Karya yang ia promosikan kini mendapat apresiaai dari kalayak ramai, bukan hanya di lingkup Kalbar, tapi juga di Kuching, Sarawak, Malaysia.

Hingga di kancah Nasional, ia mendulang penghargaan Smesco Aword 2018 untuk UKM Berprestasi katagori handmade Creation.

Melalui UKM yang ia kembangkan, sesungguhnya ia menunjukkan bahwa tiap perjuangan yang dilandasi semangat ketekunan dan totalitas pasti menghasilkan karya yang mengembirakan, bukan hanya bagi dirinya tetapi juga bagi banyak orang.

Secara khusus, Franciska telah menampilkan nilai seni yang berakar dalam kearifan lokal masyarakat Dayak yang bernilai tinggi.

Ia telah menunjukkan konteks sebuah karya yang mengakar dalam Budaya lokal, agar dapat berkontribusi bagi pengembangan kreatifitas dan pembangunan Nasional demi kemajuan bersama.

"Apa yang saya ambil ini bahan-bahan dari alam dan saya mesejahterakan orang banyak, tidak hanya pribadi saya yang sejahtera," kata Siska.

Meskipun untuk bicara kekayaan secara materi, menurut Siska sulit diraih ketika menjadi pengrajin, namun kebahagiaan saat bisa berbagai dengan para pengrajin lain adalah kepuasan tersendiri yaitu berbagi dalam kepedulian.

Keuntungan yang didapatnya, terasa lebih sempurna saat melihat para pengrajin juga bahagia.

Ia berharap agar kreatifitas dan daya juang untuk menghasilkan karya-karya selanjutnya kian mekar dan terus berkembang.

Penulis: Bella
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved