Owner Kerawing Gallery: Politik dan UKM Bisa Sejalan

"Ngurus kerajinan bertemu dengan banyak orang, dengan berbagai karakter, berbagai sifat, di politik juga seperti itu," katanya.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Jika sebagian orang, saat menjalani sebuah bisnis kerajinan akan menghindari keterlibatan langsung dalam politik, berbeda dengan owner Kerawing Gallery, Franciska Mening.

Bagi Siska, baik kerajinan maupun politik memiliki banyak kesamaan, terutama dalam hal proses dan waktu yang panjang untuk memperoleh atau menghasilkannya yang tidak serta merta.

"Ngurus kerajinan bertemu dengan banyak orang, dengan berbagai karakter, berbagai sifat, di politik juga seperti itu," katanya.

Selain itu, dengan menggeluti keduanya ia dapat menjalankan secara beriringan kedua hal itu, misalnya saat ia butuh pengrajin atau kerajinan, ia bisa menghubungi pengurus anak Cabang partai di daerah tersebut.

"Contoh, saya ke Silat Hilir saya kontak pengurus anak cabang partai disana, tolong carikan pengrajin, dimana dan kerajinanya apa, kan itu nyambung" kata Siska.

Selain karena kedua hal itu dirasa dapat sejalan, Siska terlibat dalam politik karena ia ingin bicara tentang UKM, karena ia yakin bukannya tidak ada yang bicara atau peduli akan hal itu, hanya saja sebagai seorang pelaku UKM Siska yakin ia paham betul dengan apa yang ingin disampaikan.

"Pasti ada anggota dewan yang bicara, yang peduli hanya saja merekakan kurang menekuni dunia UKM. Dengan aspirasi yang ada, dengan dana yang kita bantu itu, bisa mengembangkan usaha UKM itu sendiri," ungkapnya.

Namun, bagaimana membuat bantuan itu berkembang, membutuhkan manajemen serta perlu jaringan dan harus menguasai pasar.

"Kalau tangan saya sendiri sebagai UKM, tidak mampu untuk membantu teman-teman pengrajin, mereka punya kreatifitas banyak, mereka mampu bekerja hanya saja kalau dengan uang pribadi itu berat juga," ungkapnya.

Dengan terlibat langsung sebagai pengambil kebijakan, Siska mengakui, dengan begitu akan dapat membantu sesama UKM melalui dana yang disediakan pemerintah.

Walaupun terkadang, Siska juga menemui kendala dan tantangan, namun baginya itu biasa "Seni dalam usaha," sebutnya.

Penulis: Bella
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved