Sentarum Cruise Aktivitas Baru Layani Wisatawan

Selama pelaksanaan festival, pengunjung diajak untuk mengikuti Danau Sentarum Cruise. Dalam satu hari, ada dua trip susur danau

Sentarum Cruise Aktivitas Baru Layani Wisatawan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MASKARTINI
Pemandangan sebagian kecil Danau Sentarum dari Sentarum Cruise 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Danau Sentarum memiliki aktivitas baru Danau Sentarum Cruise yang merupakan kegiatan susur danau menggunakan perahu Bandong menyusuri tepian Danau Sentarum.

Susur tepian danau menikmati pemandangan alam yang mempesona serta menyelami aktivitas masyarakat danau sehari-hari ini merupakan aktivitas baru untuk memanjakan pengunjung domestik maupun internasional.

Baca: Festival Minum Madu Terbanyak Sukses Diikuti 2500 Peserta

Baca: Hari Listrik Nasional ke -73, PLN Salurkan Bantuan

Selama pelaksanaan festival, pengunjung diajak untuk mengikuti Danau Sentarum Cruise. Dalam satu hari, ada dua trip susur danau yang dimulai pada pagi hari 07.00 -10.00 WIB dan sore hari 14.00 17.00 WIB dengan kapasitas 150 orang per trip.

Perahu bandong yang dimaksud adalah kapal kayu khas masyarakat Kapuas Hulu yang biasanya digunakan sebagai sarana transportasi dan tempat tinggal masyarakat.

Perahu Bandong ini didesain dengan ornamen suku dayak pada bagian bawah dan suku melayu pada bagian atas. Perahu ini melambangkan harmonisasi kehidupan di danau antar berbagai suku. koeksistensi antara danau dan masyarakat yang tinggal| di dalamnya melahirkan harmonisasi konservasi dan kesejahteraan.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Karihun dan Danau Sentarum, Arief Mahmud mengatakan Sentarum Cruise merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menggali potensi wisata yang ada di Taman Nasional Betung Karihun dan Danau Sentarum yang berada di Kecamatan Batang Lumpar Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalbar.

"Susur danau atau Danau Sentarum Cruise merupakan aktivitas baru Danau Sentarum. Ini merupakan aktivitas yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Danau Sentarum. Tujuannya untuk menarik kunjungan wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri terutama wisatawan dari negara tetangga yang dekat dengan Taman Danau Sentarum," ujar Arief usai melaunching Danau Sentarum Cruise.

Sentarum Cruise yang untuk pertama kalinya dibuka untuk umum pada Sabtu, 27 Oktober 2018 untuk sementara hanya melewati rute Pulau Sepandan dan Pulau Melayu. Namun kedepanya rute tersebut kata Arief akan dikembangkan secara dinamis dengan banyaknya pilihan menyusuri luasnya Danau Sentarum yang mencapai 127.393 hektare yang dua kali lebih luas dari DKI Jakarta.

Gelar Pemilihan Duta Danau Sentarum

Halaman
12
Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved