Terapkan 8 Fungsi Keluarga, Cegah Anak Jadi Korban Asusila

Terima kasih juga sudah bertanya, untuk melindungi anak dari berbagai macam ancaman maka satu diantara dengan menerapkan delapan fungsi keluarga

Terapkan 8 Fungsi Keluarga, Cegah Anak Jadi Korban Asusila
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / SYAHRONI
Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPAKB) Kota Pontianak, dr Darmaneli.  

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella 
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bun, akhir-akhir ini kembali maeak mengenai kasus pelecehan seksual terhadap anak dan perempuan. Sebagai orangtua, apa kira-kira yang bisa dilakukan untuk mencegah anak menjadi korban? Terima kasih sebelumnya 
08965235xxxx

Terima kasih juga sudah bertanya, untuk melindungi anak dari berbagai macam ancaman maka satu diantara dengan menerapkan delapan fungsi keluarga, dan menanamkannya sejak dini, delapan fungsi keluarga itu antaralain:

Baca: Ini Tujuan Dari Dilakukannya Gala Desa di Kubu Raya

1. Fungsi agama, maksudnya adalah selain orang tua sebagai guru dalam pendidikan anaknya, orang tua juga merangkap sebagaiahli agama. Orang tua tempat mengaji dan membacakan kitab suci dalam membentuk kepercayaan anak-anak mereka.

2. Salah satu adanya keluarga berfungsi sebagai sosial budaya, maksudnya dalam perkembangan anak kelurga memiliki peran penting untuk menanamkan pola tingkah laku berhubungan dengan orang lain (sosialisasi) keluarga juga memberikan warisan budaya, disini terlihat bahwasanya keluarga diangap masyarakat yang paling primair.

3. Fungsi cinta dan kasih sayang, pertumbuhan seorang anak tidak akan pernah lepas dari pengaruh keluarganya, peran keluarga begitu sentralistik dalam membetuk kepribadian keturuannnya, oleh karena itulah salah satu fungsi keluarga adalah menyalurkan cinta dan kasih sayang.

4.Fungsi perlindungan merupakan faktor penting karena erkembangan anak memerlukan rasa aman, kasih sayang, simpati dari orang lain maka keluarga tempat mengadu, mengakui kesalahan-kesalahan.

5. Fungsi reproduksi artinya bahwa keluarga merupakan sarana manusia untuk menyalurkan hasrat seksual kepada manusia lain (yang berbeda jenis kelamin) secara legal di mata hukum dan sah secara agama, sehingga manusia tersebut dapat melangsungkan hidupnya karena dengan fungsi biologi ia akan mempunyai keturunan berupa anak.

6. Fungsi Sosialisasi atau Pendidikan dalam keluarga adalah untuk mendidik anak mulai dari awal sampai pertumbuhan anak menjadi dewasa, keluarga berperan penting terhadap upaya terbentuk kepribadian yang baik dari waktu-ke waktu, sebelum terjun dalam kehidupan masyarakat yang sebenarnya.

7. Fungsi ekonomi atau unit produksi artinya bahwa keluarga menjadi sarana yang baik untuk bertugas memenuhi kebutuhan hidup anggota keluarga di dalamnya, dimana dalam prosesnya fungsi ekonomi ini mampu membagikan kerangka keluarga, misalnya ayah sebagai pencari uang untuk kebutuhan dan ibu bertugas mengurus anak.

8. Fungsi lingkungan dalam keluarga maksudnya semua bentuk tingkah laku yang dilakukan seorang anggota keluarga awal mulanya dilakukan dalam keluarga. Anak atau anggota keluarga adalah cerminan bagimana ia bisa menerapkan kesesuainnya terhadap lingkungan.

Apabila delapan fungsi keluarga itu sudah dijalankan dengan baik, maka anak-anak akan terlindungi baik di dalam keluarga maupun secara sosial.

dr Darmaneli 
Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPAKB) Kota Pontianak
 

Penulis: Bella
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved