Peringatan Hari Santri Nasional Jadi Wadah Silahturahmi Antar Pondok Pesantren

Dimana pada tahun sebelumnya di selenggarakan di sungai raya untuk tingkat kabupaten Kubu Raya

Peringatan Hari Santri Nasional Jadi Wadah Silahturahmi Antar Pondok Pesantren
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Sejumlah santri dari berbagai pondok pesantren di Kubu Raya, meriahkan hari santri Nasional di Pondok Pesantren Nahdlatul Atfal, Minggu (21/10) 

Laporan Wartawan Tribunpontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Ketua panitia pelaksana peringatan hari santri di Kubu Raya, Rusdi mengatakan kegiatan di Pondok Pesantren Nahdlatul Atfal merupakan kegiatan kali kedua.

Dimana pada tahun sebelumnya di selenggarakan di sungai raya untuk tingkat kabupaten Kubu Raya

"Peserta pada kegiatan ini kurang lebih ada 25 pesantren dan ini sudah mencapai 30 persen dari pondok pesantren yang ada di kubu raya. Ini mengalami peningkatan dari tahun lalu yang hanya 10 pondok pesantren pesertanya," ujarnya, Minggu (21/10/2018).

Baca: Polsek Entikong Bersama Warga Gelar Baksos Perbaiki Jembatan

Diakuinya pada kegiatan tersebut digelar pula beberapa cabang perlombaan, yang ditujukan untuk memotivasi para santri di Kubu Raya. Selain itu juga sebagai bentuk pemetaan kemampuan masing-masing santri di tiap pondok pesantren yang ada di Kubu Raya.

"Tujuan kegiatan ini memotivasi semangat santri, mumpung momennya ada dan kebetulan belum ada selama ini kegiatan seperti ini, jadi biar santri ada gaungnya sebagai bagian dari NKRI. Kemudian jika ada perlombaan di tingkat provinsi kita sudah mengetahui pondok pesantren mana yang memiliki santri yang unggul di cabang perlombaan yang akan dilombakan," katanya.

Selain memotivasi kegiatan ini diharapkannya pula untuk membangun komunikasi antar ponpes di Kubu Raya.

"Mungkin selama ini jarang ada komunikasi antar ponpes di Kubu Raya sehingga dengan ada momen ini terbangun kembali komunikasi. Karena di Kubu Raya ini memiliki pondok pesantren terbanyak di Kalbar," katanya.

Ia juga mengharapkan di tahun berikutnya kegiatan ini lebih didukung lagi oleh banyak pihak.

"Memang kegiatan ini merupakan aragn dari Kemenag tetapi kemenagbelim bisa menganggarkan. Jadi kita berharap tahun depan ini bisa dianggarkan karena di tahun ini 70 persen dananya dari pondok-pondok pesantren yang ada di Kubu Raya ini," harapnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved