Tingkatkan Kreativitas dan Profesionalitas, IKIP-PGRI Pontianak MoU dengan MGMP PPKn Mandiri SMP

Dalam kesempatan itu juga digelar kegiatan berupa pelatihan kepada guru-guru PPKn SMP tentang pembuatan media pembelajaran inovatif.

Tingkatkan Kreativitas dan Profesionalitas, IKIP-PGRI Pontianak MoU dengan MGMP PPKn Mandiri SMP
ISTIMEWA
Para peserta pelatihan dan pemateri saat foto bersama 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tridharma Perguruan Tinggi merupapakan  satu visi dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Setiap perguruan tinggi harus melahirkan orang-orang yang diselimuti dengan pemikiran-pemikiran kritis, kreatif, mandiri, dan inovatif.

Hal tersebut tertuang dalam UU No.12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9, menetapkan bahwa kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

IKIP-PGRI Pontianak dan MGMP PPKn Mandiri SMP Kubu Raya jalin kerjasama, untuk mewujudkan satu di antara kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu: Pengabdian Kepada Masyarakat yang berlokasi di SMP Negeri 1 Sungai Raya.

Baca: Rusman Ali Dukung MoU Pengelolaan Hutan Gunung Ambawang Antar Lintas Sektor

Dalam kesempatan itu juga digelar kegiatan berupa pelatihan kepada guru-guru PPKn SMP tentang pembuatan media pembelajaran inovatif.

Dalam kegiatan ini melibatkan 67 guru-guru PPKn SMP di Kubu Raya yang dibimbing secara intensif oleh instruktur dari Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer (P.TIK) IKIP PGRI Pontianak yang berjumlah 13 orang.

Materi yang diajarkan kepada guru-guru PPKn SMP tersebut, yakni membuat media pembelajaran dengan menggunakan Ms. PowerPoint.

Guru-guru dilatih memiliki ide yang kreatif dan inovatif dalam mendesain media pembelajaran.

​Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelatihan kepada guru dalam pembuatan media pembelajaran yang inovatif. Dengan adanya media pembelajaran ini, guru-guru dapat menjadikan sebagai media alternatif dalam proses belajar mengajar.

​Chandra Lesmana, S.Kom., M.Pd, Sekretaris Program Studi Pendidikan TIK menanggapi bahwa kegiatan ini bersifat positif karena dapat membantu para guru dalam mengembangkan diri terutama pengajaran.

Sehingga guru-guru dapat berkreasi dan menuangkan ide kreatifnya dalam bentuk media pembelajaran.

 Marianti, S.Pd, Ketua MGMP PPKn Mandiri SMP menambahkan, bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kwalitas guru-guru dalam bidang IT yang sejalan dengan Supervisi Pendidikan dalam perbaikan situasi perndidikan dan peningkatan mutu pengajaran.

Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan adanya MoU antara kedua belah pihak guna memberikan pelatihan lebih lanjut terkait media pembelajaran.

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved