Banjir di Kubu Raya Meluas Ke Dusun Sidomulyo dan Mulyorejo

Banjir tidak hanya merendam sejumlah rumah di teluk Kapuas, di Desa Limbung juga terdapat beberapa wilayah yang terendam banjir.

Banjir di Kubu Raya Meluas Ke Dusun Sidomulyo dan Mulyorejo
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Banjir merendam permukiman warga di Jalan Cabang Kiri, Jalan Ahmad Yani II, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Minggu (14/10/2018) siang. Kawasan yang tiap tahunnya langganan banjir tersebut bahkan sempat hingga mencapai lutut orang dewasa, saluran air yang dangkal dan tidak mengalir menjadi satu diantara faktor penyebab kawasan tersebut bisa dua kali setahun dilanda banjir. 

Laporan Wartawan Tribunpontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Banjir tidak hanya merendam sejumlah rumah di teluk Kapuas, di Desa Limbung juga terdapat beberapa wilayah yang terendam banjir.

Kepala desa Limbung, Tajudin mengatakan dua dusun di wilayahnya terendam oleh banjir.

"Ada dua dusun yang terendam, dusun Mulyo Rejo dan Sidomulyo, kedua dusun ini berbatasan dengan bandara Supadio. Ketinggian airnya sudah mencapai 20 cm dari lantai rumah," ujarnya, Minggu (14/10).

Ia mengatakan akibat dari banjir tersebut memang ada beberapa warganya yang mengungsi walaupun ia belum dapat memastikan jumlahnya

Baca: Yusid Toyib: Bangun Infrastruktur Pemerintah Perlu Peran Swasta

"Warga yang mengungsi sudah ada saya belum bisa pastikan, tetapi ada sekitra 10 rumah yang mengungsi ke rumah keluarganya yang lebih tinggi," tuturnya.

Ia mengatakan penyebab banjir selain Itensitas hujan yang tinggi juga karena keterlambatan dalam membersihkan saluran air di wilayah tersebut.

"Ini kita baru membersihkan parit yang menjadi batas pemukiman warga dan bandara. Memang ini keterlambatan semua pihak untuk membersihkan parit ini," tuturnya.

Diakui olehnya setelah dibersihkan memang ketinggian air di wilayah tersebut mulai turun.

"Setelah kita bersama mengangkat rumput dan membersihkan sampah yang menyumbat parit itu sekarang airnya sudah mulai surut," tuturnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved