Liga 1 Indonesia

Buntut Tragedi Persib Vs Persija, PSSI Rilis Syarat Penghentian Laga Akibat SARA hingga Hinaan

Setelah 3 kali penghentian permainan dilakukan dan terulang, maka wasit dapat menghentikan permainan sepenuhnya dan menyatakan pertandingan selesai.

Buntut Tragedi Persib Vs Persija, PSSI Rilis Syarat Penghentian Laga Akibat SARA hingga Hinaan
PERSIB.co.id
Saat Bobotoh di stadion belum lama ini, dan para pemain Persib di Jayapura, Jumat (12/10/2018). 

TRIBUNPONTIANAK.co.id/Marlen Sitinjak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Persatusan Sepakbola Seluruh Indinesia (PSSI) mengambil langkah cepat untuk mencegah terjadinya kembali tragedi yang menewaskan pendukung sepakbola seperti pada laga Persib Bandung Vs Persija Jakarta, dan laga-laga sebelumnya.

Komite Eksekutif PSSI pun resmi merilis prosedur penghentian permainan karena SARA (suku, ras, agama dan antargolongan), politik dan hinaan di dalam stadion.

Hal itu disampaikan melalui surat bernomor 4573/UDN/2114/X-2018 tanggal 8 Oktober 2018 yang berisikan definisi SARA, politik dan hinaan beserta tujuh prosedur yang harus dijalankan bila hal-hal tersebut dinyatakan terjadi di seluruh pertandingan resmi. 

Baca: Persib Terkini - Catat, Pelatih Mario Gomez Janjikan Hal Ini saat Hadapi Persipura

Baca: LIGA 1 Terkini - Jadwal Hari Ini, Prediksi & Update Klasemen! Pertarungan Zona Merah

Baca: LIGA 2 Terkini - Semen Padang Vs Persis Solo Diundur, Ini Klasemen & Jadwal Terbaru Liga 2

Tak hanya dalam bentuk nyanyian, ketentuan ini pun berlaku untuk ujaran mengandung SARA, politik dan hinaan melalui koreografi di tribun stadion. 

Berikut definisi yang dimaksud: 

1. Pertandingan adalah setiap pertandingan resmi yang dipimpin oleh wasit PSSI dan diawasi, dilaporkan serta dilegitimasi oleh pengawas pertandingan PSSI

2. Permainan adalah permainan sepakbola yang dipimpin oleh wasit PSSI dan dijalankan sesuai dengan Peraturan Permainan (Law of The Game)

3. Nyanyian yang mengandung unsur SARA, Politik dan Penghinaan adalah lagu, suara, teriakan yang mengandung unsur SARA, pesan politik dan penghinaan; termasuk namun tidak terbatas pada kata-kata yang menghina/mengancam suatu suku, agama, ras dan golongan.

4. Pemain adalah pemain sepakbola yang terdaftar di PSSI baik secara langsung maupun tidak langsung

Halaman
1234
Penulis: Marlen Sitinjak
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help