Penuhi Kebutuhan Tenaga Kesehatan, Berli Ajukan Program Nusantara Sehat

Diakuinya oleh Berli memang saat ini jumlah tenaga kesehatan di Kubu Raya sudah hampir mencapai 1000 termasuk PNS dan Non PNS.

Penuhi Kebutuhan Tenaga Kesehatan, Berli Ajukan Program Nusantara Sehat
TRIBUNPONTIANAK/ FILE
Kadis Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani. 

Laporan Wartawan Tribunpontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Kepala dinas kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani mengatakan saat ini untuk tenaga kesehatan di Kubu Raya masih kurang.

Walupun telah dibuka CPNS untuk tenaga kesehatan di Kubu Raya, namun jumlah tersebut masih belum mencukupi. 

"Kalau mengikuti aturan kesehatan di Kubu Raya maka masih kurang 120 tenaga kesehatan, sementara dari yang kita ajukan yang diterima oleh kemenpan hanya 39 formasi saja," ujarnya. 

Baca: BMKG Prediksi Sejumlah Wilayah Kalbar Masih Berpotensi Hujan Deras

Baca: Wali Kota Singkawang Coba Aplikasi TFC Premium via Gadget

Diakuinya oleh Berli memang saat ini jumlah tenaga kesehatan di Kubu Raya sudah hampir mencapai 1000 termasuk PNS dan Non PNS.

Namun karena wilayah yang cukup luas dengan kondisi perairan Kubu Raya dinilai olehnya membutuhkan tenaga kesehatan yang cukup banyak pula. 

"Tenaga honorer daerah sudah hampir 250 dan kemungkinanan kita tidak bisa lagi mengangkat tenaga honorer daerah ini. Karena itu kita Carikan solusi lain terkait kebutuhan tenaga kesehatan ini," lanjutnya. 

Karena itu ia mengaku telah mengusulkan ke Kemenkes pada awal September lalu melalui program Nusantara Sehat untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan ini.

"Kita sudah ajukan ke Kemenkes untuk kebutuhan tenaga kesehatan ini dari Nusantara sehat, ini ditujukan untuk kebutuhan di puskesmas perairan," katanya. 

Untuk jumlah tenaga kesehatan dari Nusantara sehat ini diakuinya tergantung dari kebijakan kementerian kesehatan.

"Kalau diberikannya dalam bentuk tim maka ada sekitar 55 tenaga kesehatan, dimana satu tim terdiri dari sebelas orang. Namun kalau diberikan secara individu tentu saja jumlahnya akan kurang dari itu," ungkapnya. 

Untuk tenaga kesehatan di Nusantara Sehat ini diakuinya dari berbagai macam formasi untuk menunjang pelayanan kesehatan di daerah. 

"Kalau utnuk formasinya mulai dari dokter Gigi, apoteker, tenaga gizi, promosi kesehatan, perawat, bidan dan kesehatan lingkungan," tuturnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help