Pemuda Tani Aisgro Panen Perdana Tanaman Holtikultura

Menurutnya, beberapa tanaman yang di tanam dan bisa di panen adalah tanaman sayuran seperti cabe, kangkung, mentimun dan bawang.

Pemuda Tani Aisgro Panen Perdana Tanaman Holtikultura
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Proses Panen Perdana Tanaman Holtikultura di Desa Pauh beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS,- Pemuda Tani Aisgro desa Pauh Kecamatan Tangaran yang merupakan binaan daei Gegertani Kabupaten Sambas, saat ini telah melaksanakan panen perdana tanaman jenis holtikultura.

Sebagaimana yang di sampaikan oleh Penggerak Pemuda Tani Aisgro Desa Pauh Hasan, ia mengatakan untuk saat ini kelompok tani mereka sedang melakukan panen.

Baca: Ini Harapan HMI Untuk Pelaksanaan Kirab Pemuda di Kabupaten Sambas

Baca: Sambut Peserta Kirab, Kabupaten Sambas Siapkan Workshop Tenun dan Atraksi Bertandak

Menurutnya, beberapa tanaman yang di tanam dan bisa di panen adalah tanaman sayuran seperti cabe, kangkung, mentimun dan bawang.

"Saat ini kami sedang panen perdana tanaman sayuran. Yang mana saat ini kami fokus di tanaman jenis hortikultura atau tanaman sayur-sayuran, seperti cabe, kangkung, mentimun dan bawang," ujarnya, Jum'at (12/10/2018) dalam rilisnya.

Ia menjelaskan, untuk di awal masa panen, mereka bisa manen cabe sebanyak 4000 batang, dengan hasil panen yang cukup besar, selain itu juga dengan harga di lokasi sebesar Rp. 33.000, dan cukup tinggi juga harganya.

Sebelumnya, ia mengatakan dirinya sempat juga begitu khawatir dengan tanaman yang mereka tanam. Karena dalam beberapa bulan sebelumnya, Sambas di landa kemarau yang panjang. Tapi untuk memenuhi kebutuhan air agat cukup untuk tanaman, maka setiap hari rutin di siram dengan air.

Hasan juga berterima kasih kepada Gegertani Kabupaten Sambas yang selalu berkomunikasi aktif memberikan semangat dengan kelompok pemuda di daerahnya. Tidak hanya itu, mendapatkan bantuan cultivator di kelompoknya oleh Gegertani yang di perjuangkan lewat dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas.

Terpisah, Sekretaris Gegertani Kabupaten Sambas Juliadi mengatakan jika dirinya begitu bangga dengan semangat para pemuda tani, khususnya pemuda tani dari Desa Pauh.

"Saya merasa bangga dan senang melihat semangat para pemuda-pemuda tani yang sangat sungguh-sungguh mengelola lahan yang ada, hal tersebut membuktikan bahwa gerakan pemuda sangat bagus sekali untuk menjadikan lahan yang lebih produktif di daeranya masing-masing,"

Ia menjelaskan, saat ini untuk di Gegertani juga akan perlahan-lahan mengawal dan membina kelompok pemuda tani yang sudah di bentuk di beberapa tempat. Menurutnya, pihaknya ingin membuktikan bahwa saat ini pemuda tani tetap berusaha memberikan kontribusi yang baik untuk daerah.

"Kenapa kami bergerak di lini pemuda, karena peluang pemuda sangatlah besar, kami ingin menghilangkan sebuah mental pemuda yang selalu berorientasi bekerja keluar negeri, sedangkan tanah sendiri begitu subur untuk di kelola," ungkap aktivis HMI Sambas

Oleh karenanya, ia berhara kepada pemerintah daerah juga harus tanggap melihat potensi pemuda sambas saat ini. Dengan memberikan peluang untuk pemuda tani di kabupaten sambas, minimal dengan mendapat perhatian yang serius oleh pemerintah daerah, terutama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang merupakan leading sektornya. 

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved