Imbau Jalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat, Ini Dua Penyakit Patut Diwaspadai di Musim Penghujan

budaya itu penting untuk mengantisipasi timbulnya penyakit, terutama saat musim penghujan.

Imbau Jalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat, Ini Dua Penyakit Patut Diwaspadai di Musim Penghujan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIZKY PRABOWO RAHINO
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dr Andy Jap saat diwawancarai di Ruang Anggrek Hotel IBIS Pontianak, Jalan Ahmad Yani 1 Pontianak, Rabu (5/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dr Andy Jap meminta masyarakat menjalankan budaya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut dia, budaya itu penting untuk mengantisipasi timbulnya penyakit, terutama saat musim penghujan.

"Kita kalau masalah kesehatan apapun harus bisa mengantisipasi situasi dan kondisinya seperti apa. Paling penting dan utama kita tetap melakukan PHBS," ungkapnya Jumat (12/10/2018).

Baca: KPU Pontianak Massifkan Sosialisasi Masyarakat untuk datangi Posko GMHP

Ia menambahkan di musim penghujan, masyarakat harus mewaspadai penyakit diare dan Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit diare misalnya, pemicu bisa karena air konsumsi tidak bersih dan pengelolaannya tidak sesuai standar kesehatan yang dianjurkan.

"Proses masak air harus benar. Sebelum dan setelah makan harus cuci tangan. Makan-makanan higienis," terangnya.

Masyarakat juga diminta konsumsi makan-makanan bergizi seperti sayur-mayur dan buah-buahan agar kondisi tubuh tetap prima.

Baca: Dengan Rp 25 Ribu, Anda Bisa Ikutan Zumba on the Top di Rooftop Maestro Hotel

"Kalau perilaku hidup kita benar, otomatis badan kita juga akan terbebas dari segala penyakit yang bisa dihindari. Itu yang saya sarankan kepada masyarakat agar tetap jaga perilaku PHBS," jelasnya.

Tak hanya diare, untuk mencegah terjadinya DBD, dr Andy Jap mengimbau masyarakat peduli terhadap kondisi lingkungan, terutama sekitar rumah. Saat musim hujan, jangan sampai ada genangan air.

"Karena itu jadi sarang perindukan nyamuk. Nanti, nyamuk demam berdarah lagi. Dua penyakit itu yakni diare dan DBD harus diwaspadai ketika musim penghujan," tandasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help