Bahas Peresmian PA Sungai Raya, Ketua PTA Pontianak Bertemu Bupati Kubu Raya

Terhitung sejak tanggal 26 Oktober 2018, Pengadilan Agama Sungai Raya berwenang untuk menerima dan memeriksa perkara.

Bahas Peresmian PA Sungai Raya, Ketua PTA Pontianak Bertemu Bupati Kubu Raya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Drs. H. Maslihan Saifurrozi, SH., MH. dan rombongan berfoto bersama Bupati Kubu Raya, H. Rusman Ali, SH., Kamis (11/10/2018). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Pontianak, Drs. H. Maslihan Saifurrozi, SH., MH. dan rombongan bertemu Bupati Kubu Raya, H. Rusman Ali, SH. di ruang kerjanya, Kamis pagi (11/10/2018).

Pertemuan itu untuk membahas peresmian Pengadilan Agama (PA) Sungai Raya Kelas II yang wilayah hukumnya mencakup seluruh wilayah di Kabupaten Kubu Raya.

Baca: H-3 Pembukaan Kirab Pemuda, Panitia Matangkan Persiapan

Baca: Bantu Nelayan Tingkatkan Hasil Tangkapan, Berikut Fitur Real Time Keren di Aplikasi Laut Nusantara

Rombongan yang menyertai Maslihan, antara lain adalah Sekretaris PTA Pontianak, Naffi, S.Ag., MH., Panitera PTA Pontianak, Dr. Didi Kusnadi, M.Ag. dan Wakil Ketua PA Mempawah, Dra. Hj. Taslimah, MH.

“Kami tadi menyampaikan kepada Bapak Bupati, bahwa Pengadilan Agama Sungai Raya Kelas II di Kabupaten Kubu Raya akan diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung pada tanggal 22 Oktober 2018,” kata Maslihan setelah keluar dari ruang kerja Bupati.

Baca: Gelar Coffee Morning, Kapolda Ingatkan Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2019

Baca: 39 OPD Masuk Kategori Buruk Dalam Pengelolaan Arsip, Ria Norsan Minta Ini

Dijelaskannya, bahwa peresmian akan dilakukan secara serentak bersama 84 pengadilan baru lainnya yang dipusatkan di Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud Sulawesi Utara. Dan Bupati Kubu Raya mendapat undangan dari Sekretaris Mahkamah Agung untuk menghadiri peresmian itu.

“Setelah peresmian oleh Ketua Mahkamah Agung, selanjutnya kami akan melantik pimpinan dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Sungai Raya Kelas II di Pengadilan Tinggi Agama Pontianak. Rencananya pada tanggal 26 Oktober 2018,” tuturnya.

Dengan demikian, terhitung sejak tanggal 26 Oktober 2018, Pengadilan Agama Sungai Raya berwenang untuk menerima dan memeriksa perkara.

Maslihan menambahkan, untuk sementara Pengadilan Agama Sungai Raya akan menempati gedung bangunan pinjaman Pemerintah Kabupaten Kubu Raya di Gang Bambu Jalan Raya Arang Limbung KM. 12,7 Sungai Raya. Gedung itu sejak tahun 2015 digunakan untuk sidang keliling Pengadilan Agama Mempawah.

“Prinsipnya, yang penting di Wilayah Kubu Raya ada pengadilan agama dulu. Semangatnya seperti tahun 1945, ketika negara ini merdeka. Yang penting merdeka dulu. Soal kekurangan sarana prasarana itu bisa dimaklumi karena masih baru. Bisa diperbaiki dan disempurnakan sambil berjalan,” imbuhnya.

Kelahiran Pengadilan Agama Sungai Raya, menurutnya, patut disambut suka cita karena setelah menunggu waktu lama. Sejak berpisah dengan Mempawah tahun 2007, baru kali ini Kubu Raya memiliki pengadilan agama.

Kini, sambung Maslihan, masyarakat Kubu Raya tidak perlu lagi pergi ke Mempawah. Tidak perlu menghabiskan banyak biaya, waktu dan tenaga.

"Menurut laporan tahunan, jumlah perkara yang diterima dari Kabupaten Kubu Raya termasuk tinggi. Dari seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Barat, Kubu Raya menempati urutan tiga setelah Pontianak dan Sambas," paparnya.

Pada kesempatan itu juga, Ketua PTA Pontianak menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kubu Raya atas dukungan yang diberikan untuk mewujudkan pengadilan agama di Kubu Raya.

“Tadi Bapak Bupati mengatakan, sangat mendukung berdirinya pengadilan agama. Bahkan beliau siap menyediakan tanah sesuai prototipe yang tentukan oleh Mahkamah Agung, yaitu 5.000 meter persegi,” pungkasnya.(*)

Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help