Serahkan E-Arsip Ke Wagub Kalbar, Ini Harapan Mustari Irawan

Pertama yakni tata naskah dinas. Kedua, klasifikasi arsip. Ketiga, jadwal retensi arsip. Keempat, klasifikasi dan akses keamanan arsip.

Serahkan E-Arsip Ke Wagub Kalbar, Ini Harapan Mustari Irawan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / RIZKY PRABOWO RAHINO
Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan menyerahkan E-Arsip secara simbolis kepada Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Barat H Ria Norsan di Ruang Balai Praja 2, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kamis (11/10/2018) pukul 14:00 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wakil Gubernur Kalbar H Ria Norsan menerima penyerahan E-Arsip dari Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Mustari Irawan di Ruang Balai Praja 2, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kamis (11/10/2018) pukul 14:00 WIB. 

E-Arsip diserahkan dalam rangka aplikasi penyelenggaraan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Tahun 2018. Kalimantan Barat menjadi provinsi ketiga yang menerima penyerahan ini, setelah sebelumnya DI Yogyakarta dan Manado.

Selain Wagub dan Kepala ANRI, acara turut dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalbar Ignasius IK, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat. 

 Baca: KPU Pontianak Terus Pantau Posko Gerakan Menyelematkan Hak Pilih

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan mengatakan sistem aplikasi kearsipan ini berbasis digital atau elektronik. Sistem ini menjadi upaya berikan kontribusi terhadap program pemerintah saat ini yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

"Ini upaya sekaligus usaha melalui fungsi kami untuk melakukan pembinaan terhadap seluruh stakeholder baik tingkat provinsi, kabupaten maupun kota," ungkapnya. 

Sistem ini juga upaya guna menciptakan penyelenggaraan kearsipan dengan baik. Mustari menimpali pengelolaan arsip yang baik dapat memperlancar pembangunan. Akuntabilitas dan transparansi pemerintah diarahkan dalam implementasi e-government dalam penyelenggaraan negara.

Baca: Closing Ceremony Asian Para Games 2018 Dimeriahkan Gilrlband Korea Selatan AOA

“Pemerintah berupaya setiap lembaga baik pusat dan daerah menyelenggarakan pemerintahan berbasis elektronik. Ini tidak bisa dihindari karena sekarang masuk era revolusi industri 4.0. Aplikasi ini walaupun nilai kecil mengandung peranan besar sekali,” terangnya.

Ia berharap Pemprov Kalbar dapat mengimplementasikan tidak hanya pada kesekretariatan saja, tapi juga di setiap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang ada. Nantinya, sistem E-Arsip ini akan diaplikasikan di seluruh Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved