Ini 27 Raperda Yang Disepekatai Masuk Propem Perda Tahun 2019

Menurutnya Perda tersebut memang diprioritaskan dalam pembahasan pada 2019 mendatang.

Ini 27 Raperda Yang Disepekatai Masuk Propem Perda Tahun 2019
ISTIMEWA
Raperda

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

 TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Pihak Eksekutif dan legislatif Kubu Raya telah menyepakati 27 Rancangan Perda masuk dalam Program Pembentukan (Propem) Perda tahun 2019, Pada rapat Paripurna pengesahan Propem Perda 2019, Kamis (11/10). 

Ketua Badan Pembentukan Perda DPRD Kubu Raya, Ali Amin mengatakan dari 27 Rancangan Perda itu, terdiri dari 16 usulan eksekutif dan 11 inisiatif DPRD. 

"Raperda usulan eksekutif diantaranya pembentukan lima desa yakni Desa Parit Keladi, Kubu Padi, Rengas Kapuas, Sukalanting dan Permata Jaya, termasuk juga Raperda RPJMD, Retribusi Pelayanan Pasar, Retribusi Parkir di tepi Jalan Umum. Sedangkan inisiatif DPRD seperti Pendidikan Baca Tulis Al quran, pengeloaan zakat, pengendalian dan pengawasan minol, kerjasama desa maupun pengelolaan dan pengusahann burung walet," ujarnya. 

Menurutnya Perda tersebut memang diprioritaskan dalam pembahasan pada 2019 mendatang. 

 Baca: Gelar Tatap Muka dengan Para Tokoh, Atbah : Keamanan dan Ketertiban Harus Terpenuhi

"Jika nanti ternyata ada perda lain yang diusulkan diluar propem perda ini maka bisa diusulkan melalui kumulatif terbuka," katanya. 

Diakuinya Raperda tahun 2019 terjadi peningkatan tiga Perda dibandingkan tahun 2018 yang berjumlah 25 Raperda. Dan di 2018 diakuinya juga masih ada lima Raperda yang akan dipansuskan.

"Hingga bulan ini sudah mencapai 70 persen Raperda 2018 yang diselesaikan, masih ada sisa 5 lagi yang akan dipansuskan dalam waktu dekat yaitu Raperda RT dan RW, Raperda BUMDes, Raperda BPD, Raperda Pemberhentian dan Pengangkatan Perangkat Desa dan Raperda Dispora. Kelima Raperda ini akan dibahas melalui kumulatif terbuka yang merupakan inisiatif DPRD," tuturnya.(

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help